Google Maps Bakal Jadi Aplikasi Peta Digital Bawaan iOS

Rabu, 13 Maret 2024 - 21:00 WIB
loading...
Google Maps Bakal Jadi Aplikasi Peta Digital Bawaan iOS
Apple Maps bakal digantikan oleh Google Maps. (Foto: Mashable)
A A A
JAKARTA - Apple telah menggunakan Apple Maps sebagai aplikasi peta digital bawaan iOS selama bertahun-tahun. Seiring dengan banyaknya protes dari sejumlah pihak, aplikasi tersebut bakal digantikan oleh Google Maps.

Seperti dilansir dari Mashable pada Rabu (13/3/2024), nantinya para pengguna perangkat Apple bisa menjadikan Google Maps sebagai aplikasi peta digital bawaan iOS. Pengguna bisa mengaturnya secara mandiri.

Kabar tersebut berasal dari laporan yang dirilis Apple minggu lalu, yang merinci bagaimana perusahaan bersiap untuk mematuhi peraturan Teknologi Besar baru UE yang dikenal sebagai Digital Markets Act (DMA).



Apple menyebutkan perubahan pada default aplikasi peta dalam kalimat yang pertama kali diperhatikan oleh AndroidCentral. "Apple juga berencana memperkenalkan kontrol default baru bagi pengguna di Pengaturan untuk aplikasi navigasi," demikian bunyi dokumen tersebut.

Apple mengatakan pihaknya berupaya untuk menyediakannya pada Maret 2025. Tidak jelas apakah Apple akan meluncurkan fitur ini untuk mengubah aplikasi peta default untuk semua pengguna. Namun, hal ini pasti akan tersedia bagi pengguna di UE, karena undang-undang baru mewajibkannya.



Jangka waktu Apple untuk meluncurkan fitur ini tampaknya sejalan dengan peluncurannya dalam pembaruan iOS 18 di masa mendatang. Perusahaan kemungkinan akan meluncurkan versi beta iOS terbaru pada bulan Juni untuk pengembang, diikuti dengan rilis publik pada bulan September.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2142 seconds (0.1#10.140)