Pertama Kali, Operasi Medis Gunakan Headset Apple Vision Pro

Selasa, 12 Maret 2024 - 10:13 WIB
loading...
Pertama Kali, Operasi Medis Gunakan Headset Apple Vision Pro
Headset Apple Vision Pro terlibat dalam tindakan operasi medis. (Foto: Techspot)
A A A
JAKARTA - Dunia medis di Inggris perdanamenggunakan headset Apple Vision Pro dalam sebuah tindakan operasi. Hal ini dinilai sebagai langkah revolusioner.

Setelah peristiwa pertama di dunia medis tadi, produsen headset Apple berharap Vision Pro akan sukses besar di industri medis. Profesi medis saat ini sedang meneliti penggunaan realitas campuran dalam bidang-bidang tertentu, dan menurut beberapa analis, headset canggih ini memiliki potensi untuk mengubah paradigma dalam praktik medis.

Techspot melansir, Selasa (12/3/2024) operasi pertama yang melibatkan Vision Pro saat operasi perbaikan tulang belakang pasien di Cromwell Hospital, London. Seorang perawat yang bekerja bersama ahli bedah menggunakan headset ini untuk membantu persiapan operasi, memantau prosedur, dan memilih alat yang tepat. Penggunaan Vision Pro dalam operasi ini merupakan yang pertama kali dilakukan di Inggris.

Perangkat lunak yang digunakan dalam headset Apple ini dikembangkan oleh perusahaan AS eXeX, yang juga telah menciptakan program serupa untuk Microsoft HoloLens. Perangkat lunak ini memberikan akses holografis dan bebas sentuhan kepada perawat dan teknisi, memungkinkan mereka untuk melihat setup bedah dan panduan prosedural dari dalam lapangan steril ruang operasi.



Selain itu, perangkat lunak ini melacak setiap tahap operasi dan dapat mengukur seberapa baik operasi tersebut dilakukan dibandingkan dengan prosedur serupa yang dilakukan oleh ahli bedah lainnya.

"Ini menghilangkan kesalahan manusia dan permainan tebak-tebakan dan memberi rasa kepercayaan diri dalam melakukan operasi," kata Suvi Verho, seorang perawat utama di London Independent Hospital.



Meskipun ini kali pertama Vision Pro digunakan dalam operasi di Inggris, perangkat ini sebelumnya telah digunakan dalam ruang operasi bulan lalu, hanya tiga hari setelah dirilis. Saat itu, seorang ahli bedah saraf terkenal dunia, Dr. Robert Masson, menggunakannya selama beberapa operasi rekonstruksi tulang belakang.

"Kita berada dalam era baru bedah, dan untuk pertama kalinya, tim bedah kita memiliki panduan visual holografik dan peta, meningkatkan orientasi visual spasial dan temporal untuk setiap tim bedah dan untuk setiap operasi di semua spesialisasi," kata Masson.



Vision Pro saat ini sedang diuji coba di berbagai area oleh beberapa organisasi kesehatan di seluruh dunia. Selain membantu operasi, headset ini juga digunakan untuk radiologi, pemantauan pasien, pengajaran dan perencanaan medis, terapi, dan mendeteksi tanda-tanda dini kondisi tubuh.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2029 seconds (0.1#10.140)