Sentuh Tubuh Jurnalis, Robot Humanoid Ini Diminta Disetel Ulang

Minggu, 10 Maret 2024 - 16:37 WIB
loading...
Sentuh Tubuh Jurnalis, Robot Humanoid Ini Diminta Disetel Ulang
Aksi Robot Humanoid Sentuh Tubuh Jurnalis Wanita. FOTO/ DAILY
A A A
WAHYU BUDI SANTOSO - Robot humanoid di Arab Saudi menuai kontroversi, karena 'menyentuh' seorang jurnalis wanita saat siaran langsung.

Cuplikan dari acara DeepFest minggu lalu menunjukkan robot tersebut melakukan debut publiknya dan diduga mencoba melakukan 'sentuhan' yang tidak pantas.

Sang jurnalis pun kaget sekaligus bereaksi setelah 'disentuj' sedemikian rupa.

Klip yang telah ditonton lebih dari 800.000 kali di media sosial ini pun menuai berbagai reaksi, bahkan ada yang mengklaim bahwa robot yang juga bisa berbicara dua bahasa tersebut melakukan 'pelecehan fisik' dan menyebutnya sebagai 'robot gatal'.

Meski mendapat banyak komentar negatif, ada juga pengguna media sosial yang membela robot tersebut dan percaya bahwa hal itu mungkin ada hubungannya dengan masalah teknis yang membuatnya berperilaku seperti ini.

“Perancang robot perlu mengidentifikasi masalah sebenarnya,” kata salah satu warganet seperti dilansir dari Arab News, Minggu (10/3/2024).

Diketahui bahwa robot tersebut diproduksi oleh QSS Systems di bawah inisiatif nasional untuk menunjukkan kemajuan membanggakan Riyadh dalam teknologi kecerdasan buatan (AI).
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2410 seconds (0.1#10.140)