Jadi DJ Andal cuma Butuh Modal Rp3 Juta? Bisa Dimulai Dari SMP!

Selasa, 05 Maret 2024 - 21:49 WIB
loading...
Jadi DJ Andal cuma Butuh Modal Rp3 Juta? Bisa Dimulai Dari SMP!
Pioneer DDJ-200 adalah controller DJ yang dibanderol Rp3,2 jutaan dan sangat diminati oleh pemula. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Perlengkapan DJ atau disc jockey ternyata tidak semahal yang dipikirkan. Sebab, peralatan untuk nge-DJ ternyata cukup ramah kantong. Karena itu, peminat profesi DJ pun ikut berubah. Bahkan kini sudah diminati pula oleh anak-anak.

Hal tersebut disampaikan oleh Rako, Sales Manager PT Multi Alam Elok (MAE) sebagai distributor tunggal Pioneer DJ di Indonesia. Ia mencontohkan Pioneer DDJ-200 yang termurah dibanderol Rp3,2 jutaan sementara model Pioneer DDJ-FLX4 harganya Rp6,5 jutaan.

Pioneer DDJ-200 bahkan sangat portable. Ukurannya ringkas dan bisa dibawa-bawa, dapat dicas hanya menggunakan power bank, bahkan tidak perlu laptop.

”Dua perangkat ini sangat cocok untuk pemula yang baru tertarik untuk belajar DJ. Hanya perlu disambungkan ke HP, mereka bisa langsung mixing lagu,” ungkap pria yang juga mantan DJ itu.

Rako memberikan rincian biaya, untuk belajar DJ hanya perlu modal Pioneer DDJ-200 seharga Rp3,2 juta ditambah headphone Pioneer HDJ Cue 1 Rp1,5 juta. Totalnya tak sampai Rp5 juta.

Tidak Lagi Diasosiasikan dengan Dunia Malam
Jadi DJ Andal cuma Butuh Modal Rp3 Juta? Bisa Dimulai Dari SMP!

Rako menyebut, saat ini menjadi DJ tidak selalu dikaitkan dengan dunia malam. Tapi, justru banyak yang berkarya dengan membuat lagu, atau bahkan tampil di berbagai event seperti acara kantoran, Ulang Tahun, di mal, bahkan sampai kejuaraan di luar negeri.

”Kami melihat juga semakin banyak pemula yang ingin tertarik jadi DJ karena teknologi yang memudahkan, user friendly, juga harga alat yang semakin terjangkau,” ungkap Rako.

Ia melihat beberapa orang tua juga mendukung anak-anak yang masih berusia SMP menjadi DJ. “Mereka bisa mixing lagu di rumah, menyamakan tempo, bahkan menciptakan lagu sendiri. Ini jadi ruang berkreasi yang sangat positif,” beber Rako.

Pioneer sendiri melihat tren perubahan konsumen yang membeli peralatan DJ. Tidak hanya klab-klab malam yang membeli perlengkapan DJ profesional yang harganya mencapai ratusan juta.

Jadi DJ Andal cuma Butuh Modal Rp3 Juta? Bisa Dimulai Dari SMP!

Pioneer XDJ-RX3 yang sangat diminati cafe ataupun coffee shop. Foto: Sindonews/Danang Arradian

Tapi, juga coffee shop atau café yang kini membeli Mid Range DJ System seperti Pioneer XDJ-RX3 yang harganya Rp40 jutaan. “Trennya, playlist musik latar di café-café sekarang dimainkan oleh DJ,” ungkapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1424 seconds (0.1#10.140)