Mengenal Teknologi Vapor Chamber di Smartphone, Bikin HP Nggak Cepat Panas

Selasa, 27 Februari 2024 - 21:33 WIB
loading...
Mengenal Teknologi Vapor Chamber di Smartphone, Bikin HP Nggak Cepat Panas
Vapor chamber memungkinkan smartphone tidak cepat panas, sehingga baterai lebih irit, serta performa tetap stabil. Foto: Samsung
A A A
JAKARTA - Vapor Chamber adalah teknologi pendinginan inovatif yang digunakan sejumlah HP premium, termasuk Galaxy S24 Ultra.

Teknologi ini menggunakan ruang kedap udara yang diisi dengan cairan khusus. Saat perangkat memanas, cairan tersebut menguap dan menyerap panas.

Uap ini kemudian bergerak ke bagian yang lebih dingin di ruang pendingin, mengembun kembali menjadi cairan, dan melepaskan panas. Proses ini berulang terus menerus, membantu menjaga suhu perangkat tetap optimal.

Berikut beberapa keuntungan Vapor Chamber:

- Pendinginan Lebih Efektif: Vapor Chamber dapat mentransfer panas lebih cepat dan efisien dibandingkan dengan metode pendinginan tradisional, seperti heatsink. Hal ini memungkinkan Galaxy S24 Ultra untuk beroperasi dengan performa maksimal tanpa overheating.

- Performa Lebih Stabil: Dengan pendinginan yang lebih efektif, smartphone bisa mempertahankan performa yang stabil even saat digunakan untuk tugas berat, seperti bermain game atau merekam video.

- Desain yang Lebih Tipis: Vapor Chamber memungkinkan desain perangkat yang lebih tipis karena tidak memerlukan heatsink yang besar.

- Baterai yang Lebih Awet: Pendinginan yang lebih baik membantu menjaga baterai tetap dingin, sehingga memperpanjang usia baterai.

MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia Verry Octavianus mengatakan, di Galaxy S24 Series Samsung menggunakan Vapor Chamber paling besar dibanding lini smartphone Galaxy lainnya.

Peningkatannya sangat signifikan, untuk Galaxy S24 Ultra lebih besar 1.9 kali, kemudian untuk Galaxy S24+ lebih besar 1.7 kali, serta Galaxy S24 yang ukurannya lebih besar 1.5 kali dibandingkan pendahulunya.

”Vapor Chamber menjadi elemen penting dalam smartphone yang mengoptimalkan pengaturan suhu sehingga tidak mudah menjadi panas meski digunakan dalam waktu yang lama,” beber Verry.

Verry mengatakan, selain Vapor Chamber, Galaxy S24 Ultra Series juga sudah menggunakan One UI 6.1, yang pertama di Galaxy S24 Series.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1705 seconds (0.1#10.140)