Tips Memilih Kabel Charger Berkualitas, Pilih yang Punya Fitur Pengisian Daya Cepat

Rabu, 21 Februari 2024 - 11:25 WIB
loading...
Tips Memilih Kabel Charger Berkualitas, Pilih yang Punya Fitur Pengisian Daya Cepat
Saat mencari kabel charger USB yang sesuai dengan perangkat, penting untuk memastikan kabel tersebut memiliki jenis port yang cocok. (Foto: MNC)
A A A
JAKARTA - Cara memilih kabel charger yang bagus dan awet sangat ditentukan oleh kualitas port dan kabel yang digunakan. Selain itu, perhatikan pula kecepatan pengisian daya dari charger tersebut. Semakin cepat, semakin bagus.

Ya, sebagai pengguna HP kamu membutuhkan kabel charger demi mengisi daya atau baterai ponsel. Ketika kabel charger bawaan HP sudah rusak, maka Anda perlu membeli yang baru. Tidak boleh sembarangan, Anda harus memilih charger yang bagus agar bisa lebih awet.

Untuk Anda yang belum mengerti, berikut ini tips dan cara memilih kabel charger berkualitas.

1. Perhatikan Jenis Port


Saat mencari kabel charger USB yang sesuai dengan perangkat, penting untuk memastikan bahwa kabel tersebut memiliki jenis port yang cocok. Sebagian besar perangkat modern seperti smartphone, tablet, laptop dan perangkat elektronik lainnya, biasanya menggunakan dua jenis port yang umum seperti USB type A dan USB type C .

USB type A adalah port yang telah lama digunakan dan dikenal sebagai port 'standar' yang umumnya ditemukan pada sebagian besar perangkat. Namun, port USB type C telah menjadi standar yang semakin populer, terutama pada perangkat-perangkat baru.

Sementara untuk pengguna iPhone, port yang digunakan adalah Lighting meski iPhone 15 telah beralih ke USB type C.

2. Perhatikan Kecepatan Pengisian Daya


Penting untuk memastikan bahwa kabel charger mendukung kecepatan pengisian yang sesuai dengan perangkat. Beberapa perangkat modern seperti smartphone dan tablet memiliki fitur 'Fast Charging' yang memungkinkan mengisi daya dengan cepat jika digunakan bersama dengan kabel charger yang kompatibel.

Selain itu, ada juga teknologi pengisian yang lebih baru yang disebut 'Power Delivery' atau sering disingkat sebagai PD. Power Delivery adalah teknologi pengisian yang canggih yang memungkinkan perangkat untuk mengisi daya dengan sangat cepat dan efisien. Teknologi ini mendukung pengisian daya yang lebih tinggi daripada standar USB biasa dan memungkinkan transfer daya yang lebih cerdas antara charger dan perangkat.

3. Perhatikan Panjang Kabel


Panjang kabel dapat memainkan peran penting dalam kenyamanan penggunaan perangkat. Sebagian besar orang cenderung menginginkan kabel yang cukup panjang untuk memberi mereka fleksibilitas dalam penggunaan perangkat, terutama saat mencari sumber daya yang tidak terlalu dekat dengan duduk atau berdiri mereka.

Namun, penting juga untuk tidak terlalu berlebihan dalam memilih panjang kabel. Kabel yang terlalu panjang dapat menjadi berantakan dan mengganggu area kerja atau ruang. Selain itu, semakin panjang kabel, semakin besar kemungkinan terjadinya kekacauan dengan kabel yang terlipat-lipat atau terjebak di sekitar perangkat.

4. Produksi Brand Terpercaya


Merek yang terpercaya dan telah membangun reputasi baik dalam menghasilkan kabel charger berkualitas harus jadi pertimbangan sebelum membeli kabel. Merek-merek yang terkenal dan dihormati biasanya telah melewati uji coba yang ketat untuk memastikan produk-produk mereka memenuhi standar tertinggi dalam hal kualitas, kinerja dan keamanan.

Sebaiknya, hindari kabel-kabel charger yang sangat murah dan tidak memiliki reputasi yang baik. Kabel charger yang sangat murah seringkali diproduksi dengan biaya rendah dan mungkin tidak melalui pengawasan kualitas yang ketat. Ini meningkatkan risiko kabel charger tersebut cepat rusak, tidak aman untuk digunakan, atau bahkan tidak cocok dengan perangkat.

5. Pastikan Produk Bergaransi


Garansi adalah jaminan dari produsen atau penjual bahwa kabel charger tersebut berfungsi dengan baik dan akan bertahan dalam jangka waktu tertentu. Jika ada masalah yang muncul selama masa garansi, pembeli memiliki hak untuk mendapatkan penggantian atau perbaikan tanpa biaya tambahan.

Beberapa garansi mungkin memiliki batasan tertentu, seperti masa garansi yang singkat atau ketentuan tertentu yang harus dipenuhi untuk memenuhi syarat untuk mendapatkan penggantian. Pastikan juga memahami persyaratan garansi tersebut agar dapat memanfaatkannya secara maksimal jika diperlukan.

6. Waspada Kabel Charger Palsu


Penting sekali untuk diingat bahwa sebaiknya tidak membeli kabel charger USB dari sumber yang meragukan atau tidak resmi. Meskipun harga yang ditawarkan oleh penjual yang tidak resmi mungkin terlihat sangat menarik, mengambil risiko dengan kabel charger palsu atau murahan dapat berdampak buruk pada perangkat dan bahkan mengancam keselamatan.

Kabel charger palsu atau murahan seringkali dibuat dengan bahan yang berkualitas rendah dan tidak melewati uji keamanan yang ketat seperti kabel charger resmi atau berlisensi. Ini berarti ada risiko bahwa kabel tersebut mungkin tidak aman untuk digunakan dan dapat menyebabkan berbagai masalah.

Itulah tips dan cara memilih kabel charger berkualitas. Dapatkan produk aksesori gadget murah dan lengkap di AladinMall . Nikmati fasilitas Gratis Ongkir dan promo belanja hemat lainnya dengan men-download aplikasi AladinMall di Play Store dan App Store . Jangan lupa untuk mengunjungi Blog AladinMall untuk mendapatkan berbagai informasi, tips dan review produk kebutuhanmu.

Petang ini ada harga spesial live AladinMall di aplikasi RCTI+. Yuk, join dan belanja sepuasnya di jeda iklan!
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1867 seconds (0.1#10.140)