Cara Mengatasi Layar HP berubah Menjadi Hijau Total

Kamis, 08 Februari 2024 - 15:03 WIB
loading...
Cara Mengatasi Layar HP berubah Menjadi Hijau Total
Cara mengatasi layar HP menjadi hijau. FOTO/ DAILY
A A A
JAKARTA - Cara mengatasi layar HP (handphone) menjadi hijau, jadi salah satu contoh gangguan yang cukup sering terjadi di layar HP.

Masalah layar HP hijau umum terjadi di HP dengan sistem operasi Android, tapi tak menutup kemungkinan juga di HP iOS.

Secara umum terdapat dua penyebab layar HP berubah warna jadi hijau, yaitu dari segi masalah sistem software dan hardware.

Cara mengatasi layar HP berubah menjadi hijau

1. Masalah Software


Setelah melakukan pembaruan versi sistem operasi atau memulihkan perangkat (restore), layar pada beberapa HP Android kadang bisa berubah warna jadi hijau. Dikutip dari Techinpages, gangguan ini tidak terjadi di semua HP Android.

Layar HP hijau akibat masalah software lebih sering dijumpai pada HP Android Samsung. Bila tiba-tiba mengalami gangguan serupa, cobalah untuk mematikan daya HP secara paksa dengan menekan tombol Power selama beberapa sekitar sepuluh detik.

2. Masalah Hardware

Seandainya gangguan layar HP hijau tetap muncul meski telah melakukan cara di atas, maka kemungkinan besar telah terjadi kerusakan atau masalah pada segi hardware.
Penyebab layar HP berubah warna jadi hijau dapat ditimbulkan karena masalah hardware.

Layar HP hijau salah satunya mengindikasikan bahwa konektor layar tidak terpasang dengan baik di papan mesin utama perangkat (motherboard atau mainboard). Bila konektor tersebut longgar, tampilan layar HP sangat mungkin terganggu.

Kemudian, bisa juga mengindikasikan terjadi kerusakan pada komponen layar itu sendiri dan motherboard. Bila terjadi masalah hardware, satu-satunya cara mengatasi layar HP yang berubah warna jadi hijau adalah dengan membawanya ke teknisi atau tukang servis.

Jaga suhu perangkat tetap terkendali: Suhu yang terlalu tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada layar. Hindari menggunakan HP di tempat yang panas atau terkena sinar matahari langsung.
Hindari benturan dan air: Benturan dan air dapat merusak layar HP. Gunakan case dan pelindung layar untuk melindungi HP Anda.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2327 seconds (0.1#10.140)