3 Seri Game Rune Factory Terbaik yang Punya Elemen Jelajah Dungeon

Senin, 05 Februari 2024 - 15:51 WIB
loading...
3 Seri Game Rune Factory Terbaik yang Punya Elemen Jelajah Dungeon
3 Seri Game Rune Factory Terbaik. FOTO/ DAILY
A A A
JAKARTA - Rune Factory merupakan game farming simulasi yang dipadukan dengan elemen action RPG didalamnya, sehingga player dalam game ini tidak hanya melakukan kegiatan pertanian dan peternakan namun juga harus bertarung melawan musuh dalam dungeon.



Rune Factory sendiri merupakan spin off dari game farming simulasi populer Harvest Moon atau Story of Seasons. Membuat mekanisme dalam game ini tak berbeda jauh dari game utamanya, mulai dari farming dan upgrade material pertanian, hingga sistem pernikahan dalam game.

Satu hal yang membuat Rune Factory berbeda dari Harvest Moon dan Story of Season adalah adanya elemen action RPG yang membuat para player dapat menjelajahi dungeon untuk mengalahkan musuh demi mendapatkan material atau menjinakkan monster.

Sampai saat ini telah banyak seri Rune Factory yang dirilis oleh Marvelous selaku developer. Namun dari banyaknya seri yang hadir hanya beberapa saja yang bisa dikatakan sebagai yang terbaik.

3 Seri Game Rune Factory Terbaik

1. Rune Factory: Frontier


Seri Rune Factory yang rilis di konsol Nintendo Wii pada tahun 2009 sampai saat ini masih jadi yang terbaik karena dari segi grafis pada masanya, seri inilah yang mendapat upgrade paling besar.

Game yang mendapat metascore 79 ini merupakan judul ketiga dalam seri Rune Factory. Hal yang disayangkan dari game ini adalah terlalu mengandalkan sistem Runey barunya, yang merupakan kutukan bagi keberadaan banyak pemain, serta cerita kurang menarik.

2. Rune Factory 3/Special


Game yang rilis untuk Nintendo Switch dan PC di tahun 2023 ini merupakan remake dari Rune Factory 3 yang rilis di tahun 2013. Satu hal yang paling menarik dari seri ini adalah, player dapat memainkan karakter yang punya kemampuan untuk berubah menjadi monster.

Kemampuan perubahan wujud ini akan sangat membantu ketika melakukan eksplorasi dungeon. Story untuk seri ini juga cukup menarik dimana si protagonis yang merupakan setengah monster ini berusaha untuk menyatukan dunia monster dan manusia.

3. Rune Factory 4/4 Special


Rune Factory 4 Special yang rilis untuk PC, Xbox One, PS4, dan Nintendo Switch ini adalah remake dari Rune Factory 4 yang rilis di Nintendo 3DS. Game ini bisa dibilang jadi seri yang menawarkan banyak fitur dan jalan cerita alternatif.

Bahkan bisa dibilang jika Rune Factory 4 adalah entri yang menawarkan skrip dialog terpanjang dan peluang paling besar untuk interaksi karakter dari semua franchise Rune Factory.

Selain itu, aspek romansa dalam Rune Factory 4 juga diperbesar dari seri-seri sebelumnya. Sehingga setiap wanita pilihan player nantinya akan menghadirkan jalan cerita yang baru.

Itulah tiga game Rune Factory terbaik yang ada untuk saat ini. Sayangnya Rune Factory 5 yang merupakan seri terbaru tidak masuk dalam daftar karena banyak penggemar yang merasa kecewa dengan masalah frame rate yang tidak stabil sehingga menyebabkan gameplay menjadi lambat.

Sumber :
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4619 seconds (0.1#10.140)