Elon Musk Pamerkan Kecanggihan Robot Optimus, Berjalan Persis Manusia

Senin, 05 Februari 2024 - 07:05 WIB
loading...
Elon Musk Pamerkan Kecanggihan Robot Optimus, Berjalan Persis Manusia
Elon Musk membagikan video terbaru tentang robot Optimus di platform media sosial X. (Foto: The Sun)
A A A
JAKARTA - Elon Musk membagikan video terbaru tentang robot Optimus di platform media sosial X. Dalam rekaman tersebut terlihat robot buatan Tesla itu berjalan persis manusia.

"Pergi berjalan-jalan dengan Optimus," tulis Elon Musk di keterangan video dilansir dari The Sun, Senin (5/2/2024).

Video berdurasi 15 detik tersebut menunjukkan robot hitam berukuran manusia berjalan di ruangan dengan beberapa pengamat. Seperti biasa, unggahan Musk langsung direspons netizen dan mendapat 165 ribu likes. "Gaya jalannya terlihat lebih alami dari yang saya harapkan," tulis salah satu netizen.

"Suka melihat pembaruan Optimus. Hebat melihat perbaikan," tulis netizen lainnya.



Tetapi ada juga penggemar yang mengungkapkan kekhawatiran dan bercanda tentang akhir dunia. "Ini tidak akan berjalan lancar," tulis seorang netizen, sambil memposting gambar adegan mengerikan dari film Terminator.

Beberapa netizen juga bercanda gaya berjalan robot Optimus persis seperti Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden.

Tesla terakhir kali membagikan kemajuan tentang robot Optimus Gen 2 pada Desember 2023. Robot tersebut dikatakan memiliki tinggi 5 kaki 11 inci dan berat 121 pon.



Salah satu tujuan Musk menciptakan robot humanoid adalah untuk menggantikan tugas-tugas yang melelahkan manusia. Musk juga mengatakan robot Optimus bisa menjadi teman bagi manusia. "Itu bisa mengembangkan kepribadian dari waktu ke waktu yang unik. Kepribadian itu bisa berkembang untuk cocok dengan pemilik, atau apa pun yang ingin Anda sebut," kata Musk dalam podcast Lex Fridman.

Tesla pertama kali mengumumkan konsep robotnya pada tahun 2021 dan mengungkapkan prototipnya pada tahun 2022. Musk sebelumnya mengatakan bahwa robot tersebut akan memiliki harga tidak lebih dari USD20.000.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3073 seconds (0.1#10.140)