Cara Membersihkan Layar TV agar Gambar Lebih Jelas

Rabu, 31 Januari 2024 - 13:00 WIB
loading...
Cara Membersihkan Layar TV agar Gambar Lebih Jelas
Bersihkan layar televisi dengan kain mikrofiber agar aman. (Foto: Reader Digest)
A A A
JAKARTA - Membersihkan layar televisi dianggap hal yang remeh, namun ternyata sangat berpengaruh terhadap kualitas gambar layar. Dari beberapa pengalaman pengguna televisi, ketika lupa membersihkan, maka warna-warna cerah dan detail tajam nampak menjadi pucat dan kusam.

Untungnya, pembersihan yang tepat bisa mengubah kondisi tersebut. Hal ini berlaku bagi televisi layar LCD, LED, OLED ataupun plasma. Metode pembersihan dianggap dapat membantu menghindari kerusakan dan membuat layar monitor berkilau kembali.

Dilansir dari Reader Digest, Rabu (31/1/2024), berikut kangkah-langkah untuk membersihkan layar TV jenis LCD, LED, OLED, dan plasma. Sebagian besar TV datar saat ini memiliki layar LCD atau OLED, yang diberi cahaya oleh light-emitting diodes (LED). Perbedaannya terletak pada beberapa hal, seperti OLED menggunakan light-emitting diodes organik yang memiliki kontras lebih baik, warna hitam yang lebih gelap, dan putih yang lebih cerah.

Layar plasma, yang populer pada akhir tahun 1990an dan awal 2000an, dihentikan pada 2014. TV kuno, yang mengandalkan tabung sinar katoda yang besar (CRT), memiliki layar kaca, yang pada umumnya lebih toleran terhadap metode pembersihan.



Tidak peduli jenis layar televisintlya, pastikan TV dimatikan sebelum mulai membersihkannya. Tidak hanya lebih aman, tetapi akan bisa melihat noda lebih baik. Kemudian, ikuti rekomendasi yang disetujui para ahli di bawah ini untuk membersihkan layar televisi.

Perlengkapan yang dibutuhkan, antara lain kain mikrofiber atau penghapus elektrostatik, air suling atau pembersih layar televisi dibeli atau buatan sendiri, botol semprot, vacuum, dan alat pembersih berbulu. Cermati langkahnya sebagai berikut:

1. Bersihkan layar dengan kain mikrofiber


Lakukan penyekaan awal dengan kain mikrofiber bersih dan kering. Kain ini secara lembut menghapus debu yang menumpuk dari layar. Lalu, bersihkan setiap celah yang mengelilingi layar, serta bingkainya.

"Layar TV, terutama layar LCD, LED, dan plasma, sangat sensitif dan dapat dengan mudah tergores," kata Brandon Pleshek, tukang kebersihan generasi ketiga dan pencipta saluran YouTube Clean That Up.

Ia merekomendasikan penggunaan kain mikrofiber, seperti yang digunakan untuk membersihkan kacamata, tanpa memandang jenis layar, apakah itu LCD, OLED, atau plasma. Selain bisa membersihkan debu dan kotoran tanpa menggores permukaan, kain mikrofiber tidak akan meninggalkan serat atau garis-garis di layar.

Hal yang perlu dihindari, yaitu membersihkan dengan tisu kertas, kertas, dan bahan lain seperti koran. Lantaran material tadi mengandung serat yang dapat menggores dan merusak layar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2302 seconds (0.1#10.140)