Cara Ampuh agar Jualan Laku Keras di TikTok

Selasa, 30 Januari 2024 - 22:10 WIB
loading...
Cara Ampuh agar Jualan Laku Keras di TikTok
Platform TikTok kini bukan hanya untuk berbagi tren kekinian, namun bisa menghasilkan uang. (Foto: AP)
A A A
JAKARTA - Platform TikTok kini bukan hanya untuk berbagi tren kekinian, namun bisa menghasilkan uang. Ada beberapa tips jualan laku keras di TikTok.

"Kalau ngomongin bagaimana sih brand bisa jualannya kenceng di ekosistem TikTok. Paling penting itu kalau orang omongin e-commerce, itu bukan hanya promo yang bikin orang mau beli. Terus konten yang disajikan apa?" kata Head of Business Marketing TikTok Indonesia Sitaresti Astarini di Jakarta Pusat, Selasa (30/1/2024).

Ia pun berbagi tips jualan bisa laku keras melalui konsep Shoppertainment yang bisa menyesuaikan karakter konsumen. Hal ini berdasarkan survei TikTok atas perilaku konsumen dalam melakukan transaksi di platform jual beli online. Berdasarkan hasil survei, konsumen akan mencari tahu lebih jauh mengenai produk yang ditawarkan oleh sebuah brand sebelum memutuskan untuk membeli.

"Konsumen sebelum mereka melakukan pembelian, ada proses mereka menemukan barang, terus melakukan pertimbangan, itu semua rutin harus ada konten yang disajikan," kata Astarini.



Terdapat tiga tips jualan laku keras dan dapat meningkatkan transaksi belanja, antara lain konten yang dibuat informatif dan menghibur, produk yang ditawarkan sesuai dengan apa yang ada di kehidupan nyata, serta menarik.

Saat ini konsumen melakukan transaksi berdasarkan intuisi. Hal ini membuat sebanyak 59 persen konsumen membeli barang non-promosi. "Konsumen indonesia memanfaatkan intuisinya 2 kali lipat dibandingkan negara lainnya. Untuk itu, brand harus membuat konten-konten yang dilihat membangun intuisi konsumen," tutur Astarini.



Penyajian yang menarik dan jelas membuat konsumen Indonesia lebih tertarik untuk membeli. Kondisi ini berbeda dengan konsumen di Thailand dan Vietnam yang lebih percaya dengan siapa yang mempromosikan produk.

Supaya tips tadi diingat oleh khalayak, TikTok menamakannya dengan Shoppertainment berupa konsep yang menggabungkan antara konten yang menghibur dengan perdagangan.



Konsep Shoppertainment di TikTok berhasil meningkatkan sebesar 59 persen konsumen yang memutuskan membeli barang tanpa promosi. Oleh sebab itu, Astarini memastikan bahwa konten yang menarik mengenai produk yang ditawarkan sangat penting ketimbang melakukan promosi.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1445 seconds (0.1#10.140)