Mozilla Sebut Aturan Baru Browser Apple Menyakitkan untuk Firefox

Senin, 29 Januari 2024 - 09:29 WIB
loading...
Mozilla Sebut Aturan Baru Browser Apple Menyakitkan untuk Firefox
Mozilla Sebut Aturan Baru Browser Apple Menyakitkan. FOTO/ DAILY
A A A
WASHINGTON - Mozilla mengatakan aturan browser baru Apple sangat menyakitkan untuk Firefox. Aturan tersebut, yang diberlakukan pada bulan Januari 2024, mengizinkan peramban pihak ketiga menggunakan mesin mereka sendiri di iOS di wilayah Uni Eropa.


Seperti dilansir dari The Verge, Senin (29/1/2024), Namun, Mozilla berpendapat bahwa pembatasan yang diterapkan Apple justru menyulitkan browser lain seperti Firefox.

Aturan tersebut mengharuskan peramban pihak ketiga menggunakan mesin rendering milik Apple, WebKit.

Mozilla berpendapat bahwa hal ini akan membuat peramban pihak ketiga lebih sulit untuk bersaing dengan Safari, peramban default Apple yang menggunakan WebKit.

"Apple sengaja mempersulit kompetitor Safari untuk memberikan pilihan dan persaingan yang sesungguhnya kepada pengguna," kata Damiano DeMonte, juru bicara Mozilla.

Mozilla juga mengatakan bahwa aturan tersebut melanggar peraturan antimonopoli Uni Eropa. Perusahaan tersebut telah mengajukan gugatan ke Komisi Eropa, komisi antimonopoli Uni Eropa.

Aturan browser baru Apple telah menuai kritik dari berbagai pihak. Selain Mozilla, Google dan Microsoft juga telah mengkritik aturan tersebut.

Google mengatakan bahwa aturan tersebut akan "mengurangi pilihan dan inovasi" bagi pengguna. Microsoft mengatakan bahwa aturan tersebut akan "menghambat persaingan" di pasar browser.

Belum jelas bagaimana aturan browser baru Apple akan berdampak pada Firefox. Namun, Mozilla mengatakan bahwa aturan tersebut akan membuat Firefox lebih sulit untuk bersaing dengan Safari.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1070 seconds (0.1#10.140)