Demi Keamanan, Facebook dan Instagram Blokir Pesan Pengguna di Bawah 18 Tahun

Jum'at, 26 Januari 2024 - 14:48 WIB
loading...
Demi Keamanan, Facebook dan Instagram Blokir Pesan Pengguna di Bawah 18 Tahun
Platform Facebook dan Instagram akan memblokir pesan langsung (DM) para remaja. (Foto: Tech Crunch)
A A A
JAKARTA - Platform Facebook dan Instagram akan memblokir pesan langsung (DM) para remaja untuk mencegah perbuatan mengancam keamanan diri mereka.

Pada 2021, Meta membatasi orang dewasa di Instagram untuk dapat mengirim pesan kepada pengguna di bawah 18 tahun yang tidak mengikuti mereka. Sekarang, peraturan tersebut diperluas untuk membantu melindungi remaja yang lebih muda.

Pengguna di bawah usia 16 atau 18 tahun diklasifikasikan berdasarkan negara. Konsekuensinya, pengguna tidak dapat lagi menerima DM dari siapapun yang tidak diikuti secara default, bahkan jika pesan tersebut dikirim oleh teman sebaya.

Langkah keamanan baru ini berlaku untuk kedua Instagram dan Facebook Messenger. Khusus untuk Messenger, pengguna muda hanya dapat menerima pesan dari teman Facebook mereka atau orang yang ada di daftar kontak telepon mereka.



Pengaturan ini diaktifkan secara default, remaja yang memiliki akun di bawah pengawasan orang tua perlu mendapatkan persetujuan dari mereka untuk membuat perubahan pada pengaturan tersebut. Tentu saja, pengaturan ini akan tergantung pada usia yang dinyatakan oleh pengguna dan teknologi Meta. "Kami ingin remaja memiliki pengalaman yang aman dan sesuai usia di aplikasi kami," kata Meta dalam pengumumannya.

Pada awal bulan ini, Meta mengumumkan bahwa mereka akan mulai menyembunyikan konten terkait tindakan menyakiti diri, kekerasan grafis, gangguan makan, dan topik berbahaya lainnya dari remaja di Instagram dan Facebook. Jika seorang pengguna berusia di bawah 16 tahun, mereka tidak akan melihat unggahan dengan topik-topik tersebut di Feed dan Stories.

Mereka juga meluncurkan fitur kesadaran diri yang akan mengirim "peringatan malam" kepada remaja di bawah 18 tahun untuk menutup aplikasi dan pergi tidur jika mereka telah menggulir selama lebih dari 10 menit.



Meta melakukan perubahan ini setelah dihadapkan dengan gugatan dan keluhan terkait bagaimana melindungi pengguna muda mereka. Sebuah gugatan yang tidak ditutup-tutupi yang diajukan terhadap perusahaan oleh 33 negara menuduhnya secara aktif menargetkan anak-anak di bawah 13 tahun untuk menggunakan aplikasi dan situs webnya, serta terus mengumpulkan data mereka bahkan setelah mengetahui usia mereka.

Laporan Wall Street Journal juga menuduh Instagram menyajikan "rekaman anak-anak yang berani serta video dewasa yang eksplisit secara seksual" kepada akun yang mengikuti penggiat remaja. Pada Desember 2023, negara bagian New Mexico menggugat Meta, mengklaim bahwa algoritma Facebook dan Instagram merekomendasikan konten seksual kepada anak di bawah umur.

Dan bulan ini, The Wall Street Journal melaporkan presentasi internal Meta yang tidak diedit terkait kasus tersebut. Ternyata, 100.000 pengguna anak setiap hari dihina di Facebook dan Instagram berdasarkan perkiraan karyawan, menekankan perlunya langkah-langkah yang lebih ketat di platform mereka.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1853 seconds (0.1#10.140)