Ramalan Elon Musk, Akan Ada 1 Miliar Robot Humanoid pada 2040

Rabu, 24 Januari 2024 - 10:30 WIB
loading...
Ramalan Elon Musk, Akan Ada 1 Miliar Robot Humanoid pada 2040
Elon Musk meyakini robot memiliki potensi bisnis yang lebih baik ketimbang kendaraan. (Foto: Electrek)
A A A
JAKARTA - Perkembangan robot humanoid semakin massif di berbagai sektor kehidupan. Elon Musk pun memprediksi populasi robot humanoid akan mencapai 1 miliar pada 2040 mendatang.

Hal itu disampaikan Musk melalui media sosial X. Namun, pencapaian ini menurutnya hanya bisa terjadi jika fondasi peradaban manusia stabil.

Pernyataan Musk ini muncul setelah David Holz, pendiri laboratorium penelitian kecerdasan buatan (AI) Midjourney meramalkan kehadiran banyak robot di masa mendatang. Musk pun kemudian membenarkan ramalan tersebut.

Dilansir dari New York Post, Rabu (24/1/2024), Tesla, salah satu perusahaan yang didirikan Musk, telah mengembangkan prototipe robot humanoid dengan kemampuan mengesankan.



Diberi nama Optimus, robot ini dipamerkan Musk melalui video berdurasi 31 detik yang bisa dilihat punya kemampuan melipat baju dengan gerakan super mulus, membuatnya semakin mirip manusia.

Musk menunjukkan Optimus dengan lihainya mengambil baju dari keranjang lalu melipatnya menggunakan kedua tangan. Robot berwarna putih dengan kepala berwarna hitam polos tanpa wajah itu melipat baju dengan gerakan halus, baik dari bahu, lengan, hingga jari-jemarinya.



Robot humanoid ini pertama diumumkan pada Agustus 2021. Pada saat itu Musk berkata robot memiliki potensi untuk menjadi lebih signifikan dibandingkan bisnis kendaraan seiring berjalannya waktu.

Musk berharap dapat memproduksi jutaan robot Optimus , yang diperkirakan akan dihargai USD20.000 per unit atau setara Rp300 jutaan. Produksi massal diharapkan terjadi 3-5 tahun lagi.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2046 seconds (0.1#10.140)