Ini 4 Cara Mengatasi Monitor Berwarna Kuning

Jum'at, 19 Januari 2024 - 20:54 WIB
loading...
Ini 4 Cara Mengatasi Monitor Berwarna Kuning
Cara mengatasi monitor berwarna kuning penting dipahami pengguna, agar normal kembali. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Cara mengatasi monitor berwarna kuning bisa dilakukan dengan beberapa hal. Sebelum itu, Anda perlu mengetahui faktor penyebabnya lebih dulu.

Pada penggunaannya, monitor menjadi komponen penting untuk sebuah komputer/PC. Namun, tak jarang muncul masalah yang membuat pengguna merasa terganggu.

Misalnya, tiba-tiba tampilan layar monitor menjadi menguning. Masalah seperti ini biasanya terjadi karena sejumlah faktor, seperti pengaturan yang salah hingga kerusakan pada kabel atau monitornya sendiri.

Lantas, bagaimanakah cara mengatasi monitor berwarna kuning ini? Dihimpun dari berbagai sumber, Selasa (9/1/2024), berikut di antaranya cara yang bisa dicoba.

Cara Mengatasi Monitor Berwarna Kuning

1. Memeriksa Pengaturan Monitor

Salah satu penyebab menguningnya warna monitor adalah karena kesalahan pengaturan kalibrasi warna. Jika letak kesalahannya memang pada aspek ini, Anda bisa memperbaikinya secara manual. Berikut langkah-langkahnya:

-Pertama, klik tombol windows pada keyboard, lalu tuliskan “Calibrate display color” dan tekan Enter.

-Pada tampilan yang muncul, klik ‘Next’ untuk melanjutkan. Terus ikuti langkah-langkahnya hingga sampai menu ‘Adjust Color Balance’.

-Setelahnya, cobalah untuk mengatur konfigurasi warna pada layar monitor. Jika sudah cocok, jangan lupa untuk menyimpannya.

-Selesai.

2. Periksa Kabel Penghubung Layar Monitor

Meski terlihat sepele, kabel penghubung layar juga bisa membuat monitor komputer/PC menjadi berwarna kuning. Biasanya, hal ini terjadi ketika konektornya tidak terhubung dengan benar atau kendor.

Cara memastikannya cukup mudah. Anda hanya perlu memastikan kabel penghubung monitor yang berada di bagian belakangnya sudah terpasang dengan benar.

3. Perbarui Driver

Pada beberapa kasus, masalah monitor menguning juga terjadi karena driver yang perlu pembaruan. Sejumlah driver umumnya memang melakukan update secara otomatis, namun ada juga beberapa yang memang memerlukan izin tertentu.

Terkait pembaruannya, Anda bisa menyesuaikan langkah-langkahnya sesuai driver yang digunakan. Jika layar kembali bersih seperti semula, maka masalahnya telah terselesaikan.


4. Mematikan Night Mode

Beberapa pengguna biasa menggunakan Night Mode atau Mode Malam guna meminimalisir munculnya cahaya biru dari layar monitor. Salah satu ciri penggunaan fitur tersebut adalah tampilan layar yang tampak redup dan berwarna seperti kekuningan.

Jika masalah monitor berwarna kuning hilang setelah Night Mode dimatikan, maka sumbernya telah diketahui. Namun, apabila masih menguning, Anda bisa mencoba beberapa cara lainnya.

Demikianlah ulasan mengenai cara mengatasi layar monitor yang berwarna kuning. Semogabermanfaat.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3329 seconds (0.1#10.140)