Elon Musk Cari Sukarelawan untuk Uji Coba Implan Otak, Ini Kriterianya

Kamis, 18 Januari 2024 - 22:00 WIB
loading...
Elon Musk Cari Sukarelawan untuk Uji Coba Implan Otak, Ini Kriterianya
Perusahaan Neuralink milik Elon Musk tengah mengembangkan alat bantu implan otak. (Foto: Instagram)
A A A
JAKARTA - Perusahaan Neuralink milik Elon Musk tengah mengembangkan alat bantu implan otak. Untuk menguji alat ini mereka mencari sukarelawan.

"Perusahaan Neuralink bertujuan merekrut sukarelawan untuk uji klinis awalnya, yang bersedia menjalani prosedur bedah yang melibatkan pengangkatan sebagian dari tengkorak mereka,” kata Elon Musk dilansir dari Essanews, Kamis (18/1/2024).

Musk memiliki tujuan ambisius untuk mengembalikan mobilitas pada individu yang lumpuh di masa depan. Penelitian mendatang yang menandai tahap rintisan bakal melibatkan robot medis yang menanamkan serangkaian elektroda dan kawat ultra-tipis ke dalam otak. Selanjutnya, bagian tengkorak yang diangkat digantikan dengan sistem software chip komputer berukuran mini.



Chip komputer tersebut fokus untuk menangkap dan menganalisis aktivitas otak pasien, sebelum mentransmisikan data ini secara nirkabel ke laptop atau tablet yang berdekatan.

Kandidat individu untuk uji coba ini memiliki kriteria, antara lain orang dewasa yang mengalami quadriplegia dan berusia di bawah 40 tahun. Peserta yang terpilih akan menerima implan Neuralink ke area korteks premotor mereka yang bertanggung jawab untuk mengontrol tangan, pergelangan tangan, dan lengan bawah.



Menurut Bloomberg.com, tujuan proyek ini untuk menunjukkan bahwa perangkat dapat dengan aman mengumpulkan data praktis dari daerah otak yang spesifik. Cara ini menjadi aspek penting dari misi Neuralink untuk mengubah pemikiran manusia menjadi serangkaian perintah yang dapat dimengerti oleh komputer.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2621 seconds (0.1#10.140)