Keren! Robot Barista Ini Tak hanya Jago Meracik Kopi Nikmat

Jum'at, 12 Januari 2024 - 11:00 WIB
loading...
Keren! Robot Barista Ini Tak hanya Jago Meracik Kopi Nikmat
Robot barista ADAM unjuk gigi di ajang pameran teknologi sejagat CES 2024. (Foto: AFP)
A A A
JAKARTA - Kehadiran robot semakin memudahkan segala kebutuhan umat manusia. Bagi pencinta kopi, kehadiran robot barista tentu jadi kabar gembira. Tak hanya jago meracik kopi sebagaimana barista pada umumnya, robot barista ini juga mampu meracik beragam jenis minuman lainnya seperti boba tea, kopi, ice latte, iced tea hingga koktail.

Robot barista bernama ADAM ini telah mendemonstrasikan kemampuan uniknya di ajang pameran teknologi sejagat CES 2024 di Las Vegas.

Dilansir dari Metro, Jumat (12/1/2024), ADAM dibanderol dengan harga £140.000 atau sekitar Rp2,7 miliar. Sekilas harga ini cukup mahal untuk kaum mendang-mending, tapi sepadan dengan kemampuan dan layanannya. Apalagi kini ADAM memiliki keterampilan baru, yaitu mampu berbincang dengan pelanggan dan bercanda, berkat kecerdasan buatan (AI) generatif.

Tentu saja, ADAM tidak dirancang untuk dijual ke perorangan, melainkan untuk kedai kopi atau bar. Dibuat oleh Richtech Robotics, ADAM juga dapat menerima pesanan dan membuat berbagai minuman. Yang terpenting, ia tidak pernah lelah. “Dia adalah robot barista, tetapi dia bisa membuat banyak minuman yang berbeda,” kata Phil Zheng, chief operating officer Richtech Robotics.



Masih ada lagi. Selain membuat kopi dan minuman, ADAM juga dapat menyiapkan makanan. Untuk melakukannya, ADAM menggunakan kombinasi lengan robot, kecerdasan buatan , kamera, dan perangkat lunak pengenalan wajah. “Ini adalah robot lengan ganda. Memiliki kamera AI di depan untuk visi dan juga mendeteksi kedalaman,” kata Zheng.

Seluruh sistem ini, kata dia, ditenagai oleh pasokan daya internal yang berada di dalam tubuh robot. “ADAM dirancang untuk menjadi robot yang dapat memproduksi dan memanufaktur makanan, bukan hanya membantu membersihkan atau mengantarkan, tetapi sebenarnya menjadi bisnis itu sendiri,” tambahnya.

Kemampuan ADAM membuat kopi, minuman, makanan dan beriteraksi dengan pelanggan diakui oleh salah satu pengunjung CES 2024. “Ini hebat,” kata Jon Gregory, seorang penggemar teknologi berusia 37 tahun dari Baltimore. “Ini adalah hazelnut latte. Robot membuatnya sendiri. Rasanya enak. Sangat berbuih, sangat dingin. Sangat bagus.”



Arun Prasad, seorang penggemar teknologi berusia 38 tahun dari Detroit, menambahkan,”Saya pikir ini fantastis. Saya tidak berpikir ada perbedaan apa pun dengan apa yang akan dilakukan manusia. Rasanya persis sama. Tetapi, saya pikir kopi ini fantastis.”

Tetapi sebelum para barista di seluruh dunia panik, ada satu fakta penting lagi yang perlu diketahui. Yaitu, ADAM masih memerlukan manusia untuk mengisi ulang persediaan kopi dan susunya.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 3.3003 seconds (0.1#10.140)