Penyebab dan Cara Memperbaiki Earphone Mati Sebelah

Selasa, 09 Januari 2024 - 19:29 WIB
loading...
Penyebab dan Cara Memperbaiki Earphone Mati Sebelah
Salah satu masalah earphone kabel yang paling sering terjadi adalah speaker mati sebelah. (Foto: MNC)
A A A
JAKARTA - Cara memperbaiki earphone mati sebelah bikin netizen penasaran. Selain mengganggu aktivitas dan komunikasi, earphone yang mati sebelah berpotensi mengganggu pendengaran.

Earphone merupakan salah satu perangkat audio yang penting, terutama bagi pengguna smartphone yang hobi mendengarkan musik. Sayangnya, earphone sendiri cukup rentan mengalami kerusakan karena bentuknya yang kecil.

Untuk earphone berkabel, salah satu masalah yang paling sering terjadi adalah speaker mati sebelah. Masalah ini membuat tidak nyaman saat mendengarkan musik atau menonton film di smartphone. Alih-alih beli perangkat baru, kamu bisa kok mencari tahu penyebab dan cara memperbaiki earphone mati sebelah.

Penyebab Earphone Mati Sebelah


Penyebab earphone mati sebelah bisa karena kabel yang tertekuk. Hal ini terjadi karena kebiasaan buruk pengguna yang kerap kali menekuk kabel. Selain kabel tertekuk, periksa apakah kabel terpotong. Sebab, kabel yang terpotong menyebabkan terputusnya transmisi suara dari ke jack earphone.

Pastikan pula kabel tidak terkelupas yang jika dibiarkan terus-menerus, earphone akan berhenti bekerja secara tiba-tiba. Bila ditemukan bagian yang terkelupas, segera isolasi.

Cara Memperbaiki Earphone Mati Sebelah


Setelah mengetahui penyebab earphone mati sebelah, kini saatnya kamu mengetahui cara memperbaikinya. Earphone yang mati sebelah akan menghasilkan suara yang hanya terdengar di salah satu sisi earphone, baik itu bagian kiri atau kanan. Jika kamu mengalami hal tersebut, langkah-langkah yang harus dilakukan adalah:

1. Meluruskan Kabel Earphone


Pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa bagian kabel untuk mencari tahu bagian mana yang diperkirakan rusak. Cara yang umum untuk mengatasi earphone mati sebelah adalah dengan menekuk, memutar, meluruskan hingga menyesuaikan posisi kabel agar audio mampu terhubung kembali melalui kabel earphone.

2. Memperbaiki Bagian Speaker


Tak hanya disebabkan oleh kabel, earphone mati sebelah bisa saja terjadi karena kerusakan yang berasal dari speaker. Sehingga, hanya tersisa satu speaker yang dapat berfungsi. Cara untuk memperbaiki earphone mati sebelah adalah dengan memeriksa kondisi speaker pada bagian dalamnya.

Jika terdapat kabel putus pada chip, langkah selanjutnya adalah menyambungkannya dengan timah dan solder. Hal tersebut harus dilakukan dengan sangat hati-hati. Jika proses penyambungan sudah selesai, kamu bisa menutup kembali speaker dengan perlahan agar tidak patah.

3. Hubungkan ke Perangkat Komputer


Kerusakan pada earphone bisa diakibatkan oleh pengaturan audio yang salah. Untuk memperbaikinya, kamu bisa segera menuju pengaturan audio dan mengubah output audio dari stereo menjadi mono.

Bagi pengguna Windows, kamu hanya perlu men-klik Setting pada menu Start, pilih Ease of Access dan pilih audio hingga muncul laman pengaturan audio. Langkah selanjutnya, silakan geser toggle ke kanan untuk mengubah stereo ke mono lalu cek kembali earphone dengan memutar musik di komputer.

4. Periksa Konektor 3.5mm


Konektor merupakan bagian vital pada earphone sehingga jika konektor terputus, maka earphone mati sebelah karena tidak bisa menghasilkan suara. Membeli konektor jack yang baru berukuran 3.5 mm bisa menjadi solusi efektif. Setelah itu, sambung konektor dan kabel menggunakan selotip dengan hati-hati.

Pastikan tidak ada bagian yang terkelupas supaya terhindar dari tegangan listrik saat menggunakannya. Dalam hal ini, kamu memang harus melakukannya secara teliti sehingga earphone tidak sepenuhnya rusak dan bisa digunakan kembali.

5. Bersihkan Jack 3.5mm


Mungkin salah satu alasan earphone kamu mati sebelah karena bagian jack headset yang kotor. Bagian jack headset adalah penghubung antara earphone dengan perangkat. Jika terkena kotoran, debu, atau air karena diletakkan di sembarang tempat, hal ini bisa menyebabkan earphone tersebut tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Anda bisa menggunakan kapas untuk membersihkan jack earphone. Pastikan tidak ada sisa kapas yang tersisa. Menggunakan cotton bud dengan alkohol juga disarankan, tapi pastikan jangan sampai terlalu basah, karena jack headset bisa berkarat.

Itulah cara memperbaiki earphone mati sebelah. Dapatkan gadget lengkap dengan aksesorisnya di AladinMall . Nikmati fasilitas Gratis Ongkir tanpa batas dan promo belanja hemat lainnya dengan men-download aplikasi AladinMall di Play Store dan App Store . Jangan lupa untuk mengunjungi Blog AladinMall untuk mendapatkan berbagai informasi, tips dan review produk kebutuhanmu.

Hari ini, pukul 17.30 WIB ada harga spesial live AladinMall di aplikasi RCTI+. Yuk, join dan belanja sepuasnya di jeda iklan!
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1704 seconds (0.1#10.140)