Rusia Ciptakan Chip Semikonduktor Graphene Terbuat dari Atom

Minggu, 07 Januari 2024 - 16:02 WIB
loading...
Rusia Ciptakan Chip Semikonduktor Graphene Terbuat dari Atom
Rusia Ciptakan Chip Semikonduktor Graphene . FOTO/ WION NEWS
A A A
MOSCOW - Sekelompok ilmuwan dari National Research Nuclear University MIFI di Rusia mengumumkan bahwa mereka telah mengembangkan semikonduktor graphene pertama di dunia.

BACA JUGA - Rusia Dihukum Tak Bisa Lagi Menikmati Mobil-mobil Supermewah

Penemuan ini merupakan terobosan revolusioner dalam bidang komputasi, karena graphene memiliki banyak keunggulan dibandingkan bahan semikonduktor tradisional, seperti silikon.

Graphene adalah material dua dimensi yang terdiri dari satu lapisan atom karbon yang disusun dalam kisi heksagonal. Material ini memiliki banyak keunggulan,

Seperti dilansir dari Wion News, Mobilitas elektron yang sangat tinggi, yang berarti bahwa elektron dapat bergerak dengan sangat cepat di dalam graphene.

Daya tahan yang tinggi, yang berarti bahwa graphene dapat menahan tekanan dan suhu yang tinggi.
Elastisitas yang tinggi, yang berarti bahwa graphene dapat diubah bentuknya dengan mudah.

Konduktivitas termal yang tinggi, yang berarti bahwa graphene dapat menghantarkan panas dengan sangat baik.

Keunggulan-keunggulan ini membuat graphene sangat cocok untuk digunakan sebagai bahan semikonduktor. Semikonduktor graphene memiliki potensi untuk meningkatkan kinerja chip komputer secara signifikan, karena dapat membuat chip lebih cepat, lebih kecil, dan lebih hemat energi.

Dalam penelitiannya, para ilmuwan dari MIFI menggunakan teknik yang disebut "doping" untuk mengubah sifat-sifat graphene menjadi semikonduktor.

Doping adalah proses menambahkan atom asing ke dalam struktur material. Dalam kasus ini, para ilmuwan menambahkan atom molibdenum ke dalam graphene.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1838 seconds (0.1#10.140)