Tinggal di Kyoto, Youtuber Indonesia NEO Japan Pastikan Kondisi Aman Pascagempa Jepang

Selasa, 02 Januari 2024 - 08:50 WIB
loading...
Tinggal di Kyoto, Youtuber Indonesia NEO Japan Pastikan Kondisi Aman Pascagempa Jepang
Youtuber NEO Japan tinggal di salah satu titik gempa Kyoto, dan baru menyadari dampak yang masif di TV. Foto: Tangkapan Layar
A A A
JEPANG - Youtuber asal Indonesia Dian Kusuma atau lebih dikenal dengan NEO Japan membagikan kondisi terkini pasca gempa berkekuatan 7,4 magnitudo melanda Jepang pada Senin, (1/1/2024) waktu setempat.

NEO Japan yang menetap di Kyoto mengaku tak merasakan adanya guncangan ketika gempa terjadi.

Sebab, dia beserta istri dan anaknya sedang berada di ruang terbuka. Dia mengungkap soal kondisi terkini pasca gempa Jepang melalui kanal YouTube pribadinya.

“Posisi 5 jam yang lalu itu aku berada di taman sama istri sama Yusuf lagi lari-larian tapi tidak tahu ada gempa," ujarnya dikutip dari kanal YouTube NEO Japan, Selasa (2/1/2024).

Dia baru mengetahui bahwa Kyoto menjadi kota yang terdampak gempa usai melihat informasi dari internet dan televisi.

Dia menunjukkan televisinya yang menayangkan video-video warga Jepang dilanda kepanikan saat gempa terjadi.

Selain itu, NEO Japan juga memperlihatkan peta dimana titik pusat gempa berada di Ishikawa. Namun, Kyoto dan sekitarnya yang menjadi tempat tinggalnya saat ini juga terdampak hingga sempat memicu peringatan Tsunami.

"Ternyata di sekitar sini, orang-orang, bangunan yang ada di Kyoto itu gempa semua ya. Aku baru tahu itu pas ngelihat di internet dan ngasih tau ada gempa di Jepang lagi heboh sekali seluruh Tv memberitakan gempa yang terjadi di Ishikawa," sambungnya.



Dia memastikan bahwa saat ini kondisi keluarganya baik-baik saja. Dia juga sempat menghubungi beberapa warga Indonesia yang menjadi Kenshuusei atau anak-anak magang di Jepang untuk saling bertukar kabar mengenai kondisi masing-masing.

Meski Jepang dikenal dengan teknologi canggih termasuk alat untuk mendeteksi gempa, NEO Japan tetap selalu waspada mengingat Jepang menjadi salah satu negara yang rawanterjadigempa.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1213 seconds (0.1#10.140)