Ini Alasan Arah Jarum Jam Selalu ke Kanan

Senin, 01 Januari 2024 - 10:22 WIB
loading...
Ini Alasan Arah Jarum Jam Selalu ke Kanan
Asal-usul jarum jam mengarah ke kanan berasal dari peradaban kuno. (Foto: Yoko Watch)
A A A
JAKARTA - Arah jarum jam selalu berputar ke kanan. Ternyata ada alasan dan kisah yang melatarbelakangi. Asal-usul jarum jam mengarah ke kanan berasal dari peradaban kuno.

Dilansir dari berbagai sumber, Senin (1/12/2024), putaran jarum jam mengarah ke kanan, agar sama seperti rotasi Bumi. Kesepakatan ini sudah berlangsung sejak zaman Mesir Kuno.

Kala itu bangsa Mesir kuno menggunakan bayangan yang dimunculkan dari tongkat untuk menentukan waktu. Dan bayangan tersebut berputar mengarah ke kanan.



Sejak orang Mesir dan Babilonia kuno membuat jam bayangan pertama sekitar tahun 3.500 SM, pengukuran waktu ditetapkan bergerak searah jarum jam. Metode ini terus digunakan hingga era modern.

Ketika jam mekanis diperkenalkan di Eropa pada abad ke-14, sang penemu jam juga sangat akrab dengan jam Matahari hingga jarum jam juga dibuat mirip dengan bayangan dari jam Matahari yang menandai waktu.



Pada akhir abad itu bahkan ketika katedral memperkenalkan jam, mereka membuatnya dengan meniru nenek moyang yang menemukan jam Matahari . Istilah searah jarum jam lantas digunakan dalam Bahasa Inggris sampai tahun 1870an.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2248 seconds (0.1#10.140)