Robot Raptor dari Korea, Bisa Bergerak Secepat Aslinya

Rabu, 27 Desember 2023 - 07:31 WIB
loading...
Robot Raptor dari Korea, Bisa Bergerak Secepat Aslinya
Robot raptor dapat bergerak mencapai kecepatan luar biasa mencapai 46 kilometer per jam. (Foto: Rangizzz)
A A A
JAKARTA - Impian manusia mewujudkan tampilan hewan purba seperti velociraptor bakal terwujud. Ada robot raptor yang bisa bergerak menyerupai tampilan aslinya buatan ilmuwan Korea.

Ilmuwan dari Institut Ilmu dan Teknologi Maju Korea (KAIST) membangun robot mirip raptor yang dapat bergerak mencapai kecepatan luar biasa mencapai 46 kilometer per jam. Robot yang dinamakan Raptor ini bersifat bipedal alias memiliki dua kaki fleksibel yang terbuat dari komposit serat karbon/epoksi.

Motor penggeraknya melekat pada bagian kaki yang ringan. Setiap anggota tubuh juga dilengkapi dengan tendon Achilles versi robot yang berfungsi sebagai penyerap kejut dan motor untuk mengontrol kecepatan.

Dilansir dari IFL Science, Rabu (27/12/2023), untuk menjamin keseimbangan geraknya, robot ini dilengkapi dengan ekor. Bagian ini dibentuk seperti sebuah tiang yang diberi beban sebagai kontrapeso, mungkin tidak terlihat seperti ekor velociraptor, tetapi berfungsi dengan cara yang cukup serupa.



Desain ringan dan seimbang tadi membuat robot Raptor bergerak sangat cepat. Kecepatan tertingginya di atas treadmill mencapai 46 kilometer per jam. Angka ini lebih cepat dari Usain Bolt yang bisa bergerak secepat 44,7 kilometer per jam.

Robot Raptor hanya mencapai kecepatan tersebut ketika terhubung ke rel untuk dukungan dan terhubung ke sumber daya. Konsep ini lahir setelah pengembangan beberapa robot bipedal yang berlari tanpa tali penahan.



Pada 2022, ada roboylt Cassie yang terinspirasi burung unta memecahkan rekor kecepatan robot di darat, menempuh 100 meter hanya dalam 24,73 detik.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2645 seconds (0.1#10.140)