Jeff Bezos Habiskan Rp648 Miliar untuk Bikin Jam Raksasa yang Berdetak Sekali Setahun

Jum'at, 22 Desember 2023 - 20:57 WIB
loading...
Jeff Bezos Habiskan Rp648 Miliar untuk Bikin Jam Raksasa yang Berdetak Sekali Setahun
Jeff Bezos menghabiskan dana USD42 juta atau sekitar Rp648 miliar untuk proyek monumental jam raksasa. (Foto: Fox News)
A A A
JAKARTA - Pendiri Amazon Jeff Bezos menghabiskan dana sebesar USD42 juta atau sekitar Rp648 miliar untuk sebuah proyek monumental. Yaitu, jam raksasa yang dirancang berdetak sekali dalam setahun untuk 10.000 tahun ke depan.

Jam luar biasa ini sedang dalam proses pembangunan di dalam sebuah gunung di Barat Texas. Dilansir dari Fox News, Jumat (22/12/2023), Jeff Bezos pertama kali mengumumkan niatnya mendanai proyek ini pada 2011 lalu. "Ini adalah jam khusus, dirancang untuk menjadi simbol, ikon pemikiran jangka panjang," ujarnya, waktu itu.

Konstruksi jam raksasa ini dikabarkan dimulai pada tahun 2018. Jam setinggi 500 kaki, hasil visi ilmuwan komputer Danny Hillis, dirancang untuk bertahan selama ribuan tahun. Jam ini beroperasi menggunakan siklus termal Bumi, melibatkan elemen seperti penyetel surya, bandul, generator lonceng, dan berbagai roda gigi dan dial. Jam ini akan berdetak sekali setahun, fitur unik yang menekankan tujuannya dalam jangka panjang.

Dibangun untuk bertahan dalam waktu ribuan tahun, jam ini dibuat untuk tahan terhadap kekuatan alam seperti perubahan suhu, kelembaban, dan debu. Ketahanan ini memastikan keberlanjutan dan fungsionalitasnya selama ribuan tahun. Sebagian besar komponennya terbuat dari baja tahan karat kelas maritim dan keramik teknologi tinggi.



Generator lonceng jam ini mampu menciptakan lebih dari 3,5 juta urutan suara lonceng unik, memastikan tidak ada dua hari yang terdengar sama. Ini disinkronkan dengan bulan dan matahari untuk melacak tahun, abad, dan milenium.

Jam ini akan memiliki lima ruang peringatan seukuran kamar tidur, masing-masing menandai tonggak-tonggak penting: tahun pertama, ke-10, ke-100, ke-1.000, dan ke-10.000. Ruangan-ruangan ini dirancang agar generasi mendatang dapat mengisinya, dengan demikian melanjutkan warisan jam.

Juru bicara Long Now Foundation mengatakan tanggal penyelesaian belum ditetapkan. Karena jam ini akan berada di pegunungan Sierra yang terpencil di Texas, pengunjung perlu melakukan pendakian untuk mencapainya.



Jeff Bezos selama ini dikenal sebagai salah satu orang terkaya di dunia . Dia memiliki kapal pesiar sepanjang 417 kaki senilai USD500 juta, dan kapal pendukung senilai USD75 juta. Dia juga memiliki mansion senilai USD79 juta di Florida dan rumah senilai USD68 juta di dekatnya, serta properti mewah lainnya seperti mansion Beverly Hills berukuran 9 acre yang dibeli seharga USD165 juta dan sebuah properti di Maui, Hawaii.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1903 seconds (0.1#10.140)