Mark Zuckerberg Bangun Permukiman Rahasia dan Bunker di Hawaii

Selasa, 19 Desember 2023 - 19:14 WIB
loading...
Mark Zuckerberg Bangun Permukiman Rahasia dan Bunker di Hawaii
Mark Zuckerberg membangun permukiman mewah lengkap dengan fasilitas bunker dan ekosistem bertahan hidup di Hawaii. (Foto: Wired)
A A A
JAKARTA - CEO Meta Mark Zuckerberg membangun permukiman mewah lengkap dengan fasilitas bunker dan ekosistem bertahan hidup di Hawaii .

Tak tanggung-tanggung, bangunan ini berdiri di atas lahan seluas 566 hektare. Disebut-sebut, fasilitas ini akan menjadi tempat perlindungan jika terjadi keadaan darurat. Bangunan ini meliputi setidaknya 30 kamar tidur dan 30 kamar mandi, dibagi di antara lebih dari selusin struktur berbeda.

Menurut dokumen yang diperoleh Wired, Mark Zuckerberg telah menggelontorkan uang sebesar USD170 juta untuk pembelian tanah di Kauai sejak Agustus 2014 dan nantinya akan mengeluarkan setidaknya USD100 juta lagi untuk biaya pembangunan.

Di pusat permukiman yang luas tersebut, yang disebut Koolau Ranch, akan ada dua mansion yang berada di atas bunker. Kedua bangunan tempat tinggal tersebut akan mencapai sekitar 57.000 kaki persegi, termasuk lift, dapur industri, dan ruang konferensi.



Dokumen rencana pembangunan menunjukkan akan banyak pintu di seluruh rumah dan diperkirakan kedap suara serta dioperasikan melalui keypad . Tempat tinggal ini akan terhubung oleh terowongan rahasia yang menuju ke tempat perlindungan bawah tanah seluas 5.000 kaki persegi yang dilindungi oleh pintu besi yang diisi dengan beton.

Bunker tersebut akan memiliki ruang tinggal sendiri, ruang mekanis, dan lubang pelarian. Properti ini bertujuan untuk lebih mandiri dengan tangki air setinggi 18 kaki dan kemampuan untuk menghasilkan pasokan energi dan makanan sendiri.

Selain berfungsi sebagai tempat peristirahatan keluarga yang nyaman, ada rencana untuk membangun pusat kesehatan yang mencakup gym berukuran penuh, kolam renang ganda, sauna, ruang uap, dan lapangan tenis.



Di tempat lain, 11 rumah pohon berbentuk lingkaran akan dihubungkan oleh jembatan tali sehingga pengunjung dapat naik dari satu rumah pohon ke rumah pohon berikutnya tanpa menginjakkan kaki di tanah.

Struktur tempat tinggal di pemukiman ini tersembunyi dari jalan, terlindungi di belakang dinding setinggi enam kaki, dan dipantau oleh penjaga keamanan sepanjang waktu. Dan, karena cakupan dan sifat proyek ini, setiap orang yang bekerja di properti Zuckerberg harus menandatangani perjanjian kerahasiaan yang ketat. "Untuk proyek pribadi memiliki NDA terlampir adalah hal yang sangat langka," kata pejabat konstruksi setempat dikutip dari Wired.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1393 seconds (0.1#10.140)