Wajib Dicek! Terapkan Tips Memilih Laptop Bekas Ini Supaya Nggak Salah Beli

Rabu, 13 Desember 2023 - 17:01 WIB
loading...
Wajib Dicek! Terapkan Tips Memilih Laptop Bekas Ini Supaya Nggak Salah Beli
Memilih laptop bekas harus cermat agar tidak salah membeli. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Laptop second hand punya harga yang lebih murah. Tapi, ada banyak risiko yang mungkin akan kamu jumpai. Makanya, ketahui tips memilih laptop bekas berikut ini supaya nggak salah beli.

Makanya, nggak heran kalau jadi banyak orang yang merasa ragu atau khawatir saat ingin membeli laptop bekas . Bukan hanya takut ditipu oleh penjual, mungkin juga ada malware dan spyware yang ternyata telah terpasang di laptop yang akan kamu beli.

Untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa mengikuti beberapa tips di bawah ini saat hendak membeli laptop bekas biar aman dari penipuan!

Tips Memilih Laptop Bekas

1. Teliti saat Memeriksa Body Laptop

Pertama-tama, kamu bisa memeriksa body laptop saat hendak membelinya untuk mengetahui apakah ada kerusakan atau tidak. Cek mulai dari bagian layar, colokan USB, charger, hingga casing laptop apakah ada goresan atau retakan.

2. Cek Kondisi Layar

Mengecek kondisi layar penting untuk dilakukan untuk mengetahui apakah layar laptop masih nyaman dilihat mata atau tidak. Hal-hal yang harus diperhatikan adalah apakah layar berkedip, perubahan warna, kecerahan, dan piksel. Selain itu, buka video dan periksa sudut pandang untuk melihat apakah sudah memadai.

3. Tes Kesehatan Baterai

Bagian lain yang perlu kamu cek adalah battery health. Laptop dengan kondisi baterai yang sudah tidak sehat akan sangat merugikanmu. Jadi, usahakan untuk menemukan penjual atau toko yang mengizinkanmu untuk memeriksa beberapa bagian dari kondisi laptop.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2427 seconds (0.1#10.140)