Snapdragon 8 Gen 4, Ukuran Core Kecil Lebih Sedikit Dibanding Pendahulunya

Minggu, 10 Desember 2023 - 21:21 WIB
loading...
Snapdragon 8 Gen 4, Ukuran Core Kecil Lebih Sedikit Dibanding Pendahulunya
Snapdragon 8 Gen 4. FOTO/ THE VERGE
A A A
BEIJING - Rencana kehadiran prosesor Snapdragon 8 Gen 4 telah dikonfirmasi secara langsung oleh Qualcomm pada Snapdragon Summit di bulan Oktober lalu. Perusahaan mengumumkan bahwa prosesor kelas atas itu akan menggunakan inti CPU Oryon khusus untuk pertama kalinya.



Namun berdasarkan bocoran Digital Chat Station, Snapdragon 8 Gen 4 yang memiliki kode produk Sun dan dibangun pada proses TSMC 3nm itu rupanya hanya punya CPU octa-core dengan dua core “Phoenix” besar dan enam core “Phoenix” medium. Itu artinya ia memiliki core kecil yang lebih sedikit dibanding generasi sebelumnya.

Untuk diketahui, core CPU kecil yang sedikit biasanya menawarkan kelebihan berupa hemat daya yang dimaksudkan untuk menangani beban kerja ringan, sehingga secara teori meningkatkan masa pakai baterai. Jadi akan menjadi perubahan besar jika Qualcomm memutuskan untuk menghilangkannya.

Menghilangkan core kecil demi core yang lebih besar digadang-gadang akan menghasilkan kinerja CPU multi-inti yang jauh lebih baik.

Kita telah melihat Snapdragon 8 Gen 2 dan 8 Gen 3 memperoleh keuntungan besar di bidang ini karena mereka mengurangi jumlah inti yang kecil.

Namun demikian, belum diketahui secara pasti apakah ini bisa dilakukan Snapdragon 8 Gen 4. Semoga masa pakai baterai, suhu, dan kinerja jangka panjang tidak terpengaruh dengan perubahan ini, sebagaimana dirangkum dari Android Authority pada Minggu (10/12/2023).

Dengan demikian, perusahaan telah mengurangi jumlah core selama beberapa tahun terakhir. Snapdragon 8 Gen 2 memulai tren ini, dari empat menjadi tiga core kecil.

Sementara itu, Snapdragon 8 Gen 3 terbaru, yang akan digunakan pada flagship Android di tahun depan, berubah dari tiga menjadi dua core kecil.

Ada sejumlah alasan teoretis mengapa Snapdragon 8 Gen 4 mungkin tidak memiliki core CPU kecil. Pertama, perusahaan mungkin menyimpulkan bahwa core medium khusus sama efisiennya dengan core kecil mana pun yang dapat digunakan. Atau bisa juga Qualcomm tidak memiliki inti kecil khusus yang siap untuk Snapdragon 8 Gen 4.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3594 seconds (0.1#10.140)