Hypernet Technologies Beri Kontribusi dalam Pertumbuhan Ekonomi Digital Indonesia

Sabtu, 09 Desember 2023 - 22:25 WIB
loading...
A A A
Sudino menambahkan layanan keamanan terkelola atau managed security services yang disediakan Hypernet Technologies bersifat menyeluruh, dan didasarkan pada kebutuhan maupun tantangan nyata yang dihadapi pelaku usaha di lapangan.

Berpedoman kepada National Institute of Standards and Technology (NIST) Framework, Hypernet Technologies membantu pelaku usaha untuk mendapatkan layanan identifikasi, proteksi, deteksi, respons, hingga pemulihan dalam satu tempat.

Pentingnya ekonomi digital bagi pelaku bisnis dewasa ini juga diamini Direktur Digital Economy Center of Economic & Law Studies Celios Nailul Huda. Ia mengatakan, pertumbuhan digital 2023 ini cukup pesat, dan potensinya pada tahun mendatang dinilai cukup tinggi.

"Penetrasi internet di Indonesia masih kencang sekali, bahkan 2023 mencapai 78,2%. Kemudian pengguna internet kita sudah mencapai 215 juta pengguna internet di seluruh Indonesia, kebanyakan ditopang generasi milenial dan generasi Z," ujar Nailul.

Nailul menambahkan, pertumbuhan ekonomi digital Indonesia didukung penetrasi internet dan adopsi digital, yang cukup meningkat signifikan dalam beberapa tahun terakhir.

“Meski demikian, kesenjangan infrastruktur, SDM yang belum optimal, hingga keamanan siber menjadi sejumlah tantangan utama yang menghambat adopsi teknologi oleh pelaku usaha dari berbagai industri maupun skala bisnis,” ujarnya.

Beberapa elemen keamanan siber yang masih harus ditingkatkan, tambah Nailul, meliputi proteksi pada layanan-layanan digital yang banyak diminati masyarakat serta kontribusi terhadap ekosistem keamanan global.

Menurutnya, pelaku MSP termasuk Hypernet Technologies, dapat memberikan kontribusi yang krusial bagi pertumbuhan ekonomi digital Indonesia kelak.

“Pelaku usaha yang terkendala dari segi anggaran maupun SDM, seperti UMKM, dapat memilih untuk bermitra dengan penyedia layanan terkelola atau MSP, yang dapat menawarkan sumber daya teknologi dan keamanan siber yang mumpuni,” pungkas Nailul.
(dsa)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5646 seconds (0.1#10.140)