Berbahaya, Yuk Kenali Ciri-Ciri Kecanduan Gadget

Jum'at, 08 Desember 2023 - 18:04 WIB
loading...
Berbahaya, Yuk Kenali Ciri-Ciri Kecanduan Gadget
Kecanduan gadget akan mendatangkan banyak masalah. (Foto: Green White Green)
A A A
JAKARTA - Mengenali ciri-ciri kecanduan gadget sangat penting karena dampaknya berbahaya. Pencegahan sejak dini akan lebih baik karena jika sudah terlanjur kecanduan akan susah ditangani.

Bahaya kecanduan gadget cukup banyak, di antaranya kesulitan fokus menyelesaikan pekerjaan atau tugas, baik di kantor, sekolah atau tempat lain.

Kemudian kecanduan gadget pada gilirannya juga bisa memicu kurang tidur, gangguan pada mata serta masalah mental seperti depresi, mudah cemas, kepribadian bipolar, psikosis, memicu sifat agresif hingga kesulitan bersosialisasi.

Berikut ciri-ciri kecanduan gadget dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (8/12/2023):

1. Tidak bisa mengontrol penggunaan gadget


Ciri kecanduan gadget ini biasanya ditemukan pada anak-anak. Para peneliti menyebut orang yang sudah kecanduan gadget akan sulit atau bahkan tidak bisa mengontrol penggunaanya. Mereka cenderung akan marah jika diminta untuk berhenti.


2. Kehilangan minat pada aktivitas lain


Ciri kecanduan gadget berikutnya adalah kehilangan minat pada aktivitas lain. Setiap waktu yang dimiliki akan dihabiskan untuk fokus pada penggunaan gadget. Tidak ada gairah ketika diajak berkegiatan.

3. Selalu memikirkan gadget


Ciri kencanduan gadjet selanjutnya adalah akan selalu memikirkan perangkatnya. Bahkan saat sedang melakukan aktivitas yang tidak ada hubungannya dengan gadget, akan membicarakan segala hal tentang gadget, biasanya game.

4. Sosialisasi terganggu


Orang yang kecanduan gadget akan senantiasa membawa gadgetnya ke mana saja. Bahkan saat sedang bersosialisasi sekalipun, akan memilih menggunakan gadgetnya.


5. Merasa gadget penguat suasana hati


Ciri orang kecanduan gadget berikutnya adalah menganggap bahwa ponsel adalah penguat suasana hati. Ciri ini bisa dilihat ketika mengalami masalah, apabila masalah hilang ketika memegang gadget, itu tandanya kecanduan gadget.

Demikian beberapa ciri kecanduan gadget. Jika merasa mengalaminya, segera berkomitmen untuk mengurangi penggunaannya. Tanamkan bahwa semuanya demi menyelamatkan kehidupan diri sendiri dan orang tercinta.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1852 seconds (0.1#10.140)