Layaknya Muhammad Ali, Robot Humanoid Mampu Bertarung secara Impresif

Kamis, 07 Desember 2023 - 13:00 WIB
loading...
Layaknya Muhammad Ali, Robot Humanoid Mampu Bertarung secara Impresif
Robot mirip Muhammad Ali siap menghadapi para profesional di dunia tinju. (Foto: IHMC Robotics)
A A A
JAKARTA - Pengembangan robot humanoid semakin canggih dan beragam. Setelah dunia kerja, robot-robot berteknologi AI ini masuk ke ranah olahraga.

Mulai dari robot penjaga gawang berbentuk empat kaki hingga juara ping-pong AI Google. Kini robot mirip Muhammad Ali sudah siap untuk menghadapi para profesional di dunia tinju.

Dilansir dari Daily Mail, Kamis (6/12/2023), sebuah video memperlihatkan robot humanoid raksasa bertinju dengan manusia. Robot bernama Nadia itu mampu melemparkan beberapa pukulan yang mengesankan.

Tak pelak video tersebut memunculkan rasa kagum sekaligus kekhawatiran dari banyak orang.
Nadia adalah hasil karya peneliti di IHMC Robotics dan Boardwalk Robotics. Nama robot ini diambil dari atlet gimnastik terkenal Nadia Comăneci, sebagai bentuk penghormatan terhadap tujuan desain utama, mencapai rentang gerak manusia.



Dirancang untuk fleksibel, robot ini memiliki 29 sendi, memberikannya beberapa rentang gerak tertinggi dari semua humanoid yang pernah ada.

Dalam video terbaru, rentang gerak impresif ini ditunjukkan melalui demonstrasi tinju. Dalam hal ini, robot dikendalikan dari jarak jauh oleh seorang peneliti yang mengenakan headset realitas virtual dan pengontrol, meskipun para pengembang mengatakan di masa depan robot ini bisa sepenuhnya otonom.

IHMC Robotics mengatakan tujuan lebih jauh untuk Nadia adalah mengembangkan robot darat yang sangat mobile yang dapat berfungsi di lingkungan di mana tangga dan puing-puing akan menuntut rentang gerak yang sama seperti manusia.



Menurut tim tersebut, robot ini bisa digunakan di berbagai sektor, termasuk dalam pemadam kebakaran, tanggap bencana, dan penjinak bom. “Dengan seperangkat kemampuan yang tepat, Nadia akan dapat berfungsi sebagai rekan manusia, memberikan kemampuan untuk memperluas kehadiran manusia tanpa mengorbankan keselamatan seseorang,” kata mereka.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4018 seconds (0.1#10.140)