Anda Bisa Beli Mobil Terbang Listrik Doroni Tahun Depan

Rabu, 06 Desember 2023 - 19:39 WIB
loading...
Anda Bisa Beli Mobil Terbang Listrik Doroni Tahun Depan
Mobil terbang listrik Doroni bisa dibeli oleh pengguna di 2024, semakin mempopulerkan kendaraan udara di masa mendatang. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Mobil terbang tidak hanya ada di film-film fiksi ilmiah saja. Tapi, benar-benar bisa terwujud. Bahkan, sudah boleh diperjualbelikan. Ini setelah Doroni Aerospace, perusahaan kedirgantaraan berbasis di Miami, mengatakan bahwa mobil terbang listrik Doroni H1 sudah mengantongi izin.

Melansir Electrek, Doroni H1 merupakan kendaraan udara lepas landas dan mendarat secara vertikal (eVTOL). Uniknya, mobil terbang listrik ini dapat dilipat sehingga bisa disimpan di garasi.

Setelah melakukan serangkaian pengujian dan uji kelaikan, akhirnya Doroni H1 mendapat sertifikasi ternang resmi dari Federasi Aviation Administration (FAA). Itu berarti, mobil terbang listrik tersebut dapat dijual secara luas.

Mobil terbang listrik ini dibekali dua mesin listrik yang masing-masing dapat menghasilkan tenaga 100 kW. Untuk daya terbangnya, Doroni mengklaim dapat mencapai ketinggian 10.000 kaki (3 kilometer) dan kecepatan jelajah hingga 120 knot (222 km/jam).

“Menerima sertifikasi penerbangan bukan hanya sebuah tonggak sejarah bagi perusahaan kami, namun sebuah lompatan maju bagi seluruh bidang mobilitas udara pribadi,” kata CEO Doroni Aerospace Doron Merdinger dikutip dalam Electrek.

Anda Bisa Beli Mobil Terbang Listrik Doroni Tahun Depan

Mobil dua tempat duduk ini dirancang untuk muat di dalam garasi dua mobil dengan panjang 7 meter dan lebar 4,2 meter. Mobil terbang listrik ini juga memiliki fitur pengisian cepat (20-80 persen) dalam waktu kurang dari 20 menit.

Mobil terbang serba listrik Doroni bersifat semi-otonom, artinya dapat memandunya ke berbagai level. Tongkat pengontrol digunakan untuk mendorong kendaraan untuk bergerak maju, mundur, atau ke samping.

Bagi yang ingin memiliki atau mengendarai mobil terbang listrik tersebut membutuhkan sertifikasi. Setidaknya, pemilik atau pengendara memiliki 20 jam pengalaman terbang, 15 jam di dalam mobil terbang listrik bersama pemandu, dan 5 jam sendirian.



Anda Bisa Beli Mobil Terbang Listrik Doroni Tahun Depan

Perusahaan mengatakan tersedia cukup ruang untuk terbang ke mana pun, terutama di daerah pinggiran kota. Mobil terbang serba listrik Doroni dirancang lebih dari sekadar membawa dari titik A ke titik B, tapi juga untuk menikmati alam.

Doroni memperkirakan akan membangun sekitar 120 hingga 125 unit pada 2025 atau 2026. Puncaknya, mereka berencana untuk memproduksi mobil terbang listrik sebesar 2.500 unit setiaptahunnya.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2638 seconds (0.1#10.140)