Pangeran MBS Siap Jadikan Arab Saudi Kiblat Utama Game

Minggu, 03 Desember 2023 - 09:52 WIB
loading...
Pangeran MBS Siap Jadikan Arab Saudi Kiblat Utama Game
MBS telah memerintahkan Dana Investasi Publik (PIF) Arab Saudi untuk menginvestasikan miliaran dolar dalam industri game. FOTO/ THE VERGE
A A A
RIYADH - Arab Saudi memiliki rencana ambisius untuk menjadi pemain utama di industri game global. Putra Mahkota Mohammed bin Salman (MBS) telah meluncurkan sejumlah inisiatif untuk mencapai tujuan ini, termasuk:



Seperti dilansir dari The Verge, Minggu (3/12/2023), Investasi besar dalam industri game: MBS telah memerintahkan Dana Investasi Publik (PIF) Arab Saudi untuk menginvestasikan miliaran dolar dalam industri game.

Investasi ini telah digunakan untuk mengakuisisi saham di perusahaan game terkemuka seperti Capcom, Nexon, dan SNK.

Pengembangan ekosistem game lokal: MBS juga telah meluncurkan sejumlah inisiatif untuk mengembangkan ekosistem game lokal.

Inisiatif ini termasuk menyediakan pendanaan untuk pengembang game lokal, mengadakan kompetisi game, dan mempromosikan budaya game di Arab Saudi.

Membuat Arab Saudi sebagai tujuan esports: MBS juga ingin menjadikan Arab Saudi sebagai tujuan esports. Untuk tujuan ini, pemerintah Arab Saudi telah meluncurkan Liga Esports Arab Saudi, yang merupakan turnamen esports terbesar di wilayah tersebut.

Inisiatif-inisiatif ini telah membuahkan hasil. Arab Saudi telah menjadi pasar game yang berkembang pesat. Pada tahun 2022, pasar game Arab Saudi diperkirakan bernilai USD2,3 miliar dan diperkirakan akan tumbuh menjadi USD3,3 miliar pada tahun 2027.

Arab Saudi juga telah menjadi pemain yang semakin penting di dunia esports. Pada tahun 2022, Arab Saudi menjadi tuan rumah turnamen esports terbesar di dunia, League of Legends World Championship. Turnamen ini menarik lebih dari 100 juta pemirsa di seluruh dunia.

MBS percaya bahwa industri game memiliki potensi untuk menjadi sektor ekonomi utama bagi Arab Saudi. Dia berharap bahwa inisiatifnya akan membantu Arab Saudi menjadi pemain utama di industri game global.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3005 seconds (0.1#10.140)