Cara Mengatasi HP Kemasukan Air, Awas Salah Langkah HP Bisa Matot

Senin, 27 November 2023 - 19:31 WIB
loading...
Cara Mengatasi HP Kemasukan Air, Awas Salah Langkah HP Bisa Matot
Cara mengatasi HP kemasukan air penting untuk dipahami, sebab salah langkah bisa fatal akibatnya. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Cara mengatasi HP kemasukan air penting untuk dipahami. Sebab, jika salah langkah, ada risiko HP bisa matot alias mati total.

Memang, saat ini banyak HP sudah dilindungi lapisan anti air, sudah mengusung standr IP58, IP67, bahkan IP68 yang tahan air dan debu. Meski demikian, banyak juga HP yang belum mendapatkan perlindungan seperti itu. Bahkan di kelas mid-range sekalipun. Maka, penggunanya harus ekstra hati-hati.

Ketika HP terkena air, reaksi cepat dan tindakan yang tepat sangat penting untuk menghindari kerusakan permanen.

Berikut adalah 8 langkah yang dapat membantu mengatasi masalah saat HP terkena air:

1. Matikan HP Secara Cepat:

Segera matikan HP dan jangan mencoba untuk menghidupkannya kembali. Ini dapat mencegah kerusakan lebih lanjut karena sirkuit listrik yang masih aktif.

2. Keringkan Secara Cepat:

Gunakan handuk atau kain yang tidak berbulu untuk mengeringkan permukaan luar HP secara lembut. Jangan menggosok secara kasar karena hal ini dapat mendorong air lebih dalam ke dalam perangkat.

3. Gunakan Alat Penyerap Air:

Letakkan HP di atas kantong silica gel, beras, atau kertas tisu penyerap kelembaban. Bahan-bahan ini membantu menyerap kelembaban dari dalam perangkat.

4. Pisahkan Komponen (Jika Mungkin):

Jika Anda terbiasa membongkar HP, segera lepaskan bagian-bagian seperti kartu SIM, kartu memori, atau komponen lainnya yang dapat dilepas.

6. Gunakan Udara Kering atau Vakum:

Gunakan udara kering dari hair dryer pada suhu rendah atau vakum dengan setting rendah untuk mengeluarkan sisa air dari celah-celah perangkat, tetapi jangan gunakan panas yang tinggi yang bisa merusak komponen.

7. Letakkan dalam Wadah Berisi Beras atau Silica Gel:

Letakkan HP dalam wadah yang berisi beras atau silica gel. Kedua bahan ini dapat menyerap kelembaban dari perangkat.

8. Jangan Hidupkan Terlalu Cepat:

Biarkan HP mengering sepenuhnya selama minimal 24-48 jam sebelum mencoba untuk menghidupkannya kembali. Hal ini penting untuk memastikan bahwa perangkat benar-benar kering dari dalam.


Tips agar HP tetap aman setelah terkena air:
Cara Mengatasi HP Kemasukan Air, Awas Salah Langkah HP Bisa Matot

1. Hindari Menggunakan Panas Berlebih: Panas berlebih dapat merusak komponen dalam HP. Selalu gunakan udara kering pada suhu rendah jika memutuskan untuk menggunakan hair dryer.

2. Konsultasikan dengan Teknisi: Jika Anda tidak yakin atau tidak nyaman dengan langkah-langkah di atas, lebih baik konsultasikan dengan teknisi profesional atau layanan purna jual untuk menghindari risiko kerusakan lebih lanjut.

Langkah-langkah di atas dapat membantu mengurangi risiko kerusakan permanen pada HP yang terkena air.

Namun, tidak ada jaminan bahwa perangkat akan kembali normal sepenuhnya setelah terkena air, tergantung pada seberapa parah dampak kelembaban tersebut pada komponen internalperangkat.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2477 seconds (0.1#10.140)