8 Tips Menghemat Kuota Internet Buat Android

Senin, 20 November 2023 - 09:39 WIB
loading...
8 Tips Menghemat Kuota Internet Buat Android
Kuota internet menjadi syarat utama untuk mendukung aktivitas berselancar di dunia maya. (Foto: Certsimple)
A A A
JAKARTA - Kuota internet sangat berguna buat mendukung aktivitas berselancar di dunia maya. Ada cara untuk menghemat kuota internet buat pengguna Android.

Saat ini penggunaan kuota internet dalam berbagai aktivitas sudah menjadi sebuah kebutuhan utama. Lantaran aplikasi chatting, e-mail, hingga platform hiburan memerlukan dukungan internet yang optimal.

Bagi pengguna Android yang harus menggunakan internet dalam menjalankan pekerjaannya pasti memerlukan lebih dari satu kali pengisian kuota internet dalam satu bulan. Hal inilah yang biasanya menjadi salah satu keluhan para pengguna internet.

Inilah 8 Tips Menghemat Kuota Internet di Android:

1. Matikan Location Ketika Sedang Tidak Dibutuhkan


Fitur location pada beberapa aplikasi ini tidak hanya mengakibatkan baterai gawai cepat habis saja, tapi juga menyedot kuota yang cukup banyak untuk mengirim dan juga mengunggah data.


2. Atur Penggunaan Menonton Video


Jika gemar menonton film melalui YouTube atau platform sejenis. Bisa menonton video dengan kualitas 480p. Jika menggunakan kualitas HD (720p) kuota yang akan dihabiskan sekitar 300 MB per jam, sedangkan kualitas HD (1080p) menghabiskan hingga 3 GB per jamnya.

3. Memanfaatkan Koneksi Wi-fi


Sekarang sudah banyak tempat yang memiliki akses wi-fi, seperti di rumah, kantor, bahkan tempat makan pun menyediakan. Pengguna bisa memanfaatkan wi-fi tersebut saat sedang di kantor atau saat kalian sedang mengunjungi suatu tempat makan.

4. Matikan Fitur Auto Download Aplikasi Chatting / E-Mail


Cara ini mencegah untuk auto download dalam aplikasi Chating /E-Mail jadi jika ada media yang dikirim tidak langsung terunduh dan dapat menghemat pemakaian kuota internet kalian.

5. Nonaktifkan Fitur Auto Update Aplikasi


Fitur auto update atau pembaruan otomatis dapat memakan kuota internet yang cukup besar jika gawai menyalakan fitur tersebut

6. Hindari Penggunaan Fitur Autoplay Saat Streaming Musik


Mematikan auto play ternyata bisa menghemat kuota internet yang kita miliki karena auto play adalah fitur memainkan langsung musik dari gawai dan membutuhkan kuota internet untuk menjalankannya.


7. Tidak Mengaktifkan Auto Sinkronisasi pada Cloud Storage


Cloud storage akan sinkronisasi otomatis foto dan video yang ada di gawai jika tidak dimatikan, proses ini sangat menyedot banyak kuota internet

8. Atur Pemakaian Internet dan Cek Penggunaan Internet di Rumah


Mengatur batas penggunaan internet per hari untuk gawai dapat mengurangi penggunaan kuota internet .

MG/Talitha Luthfiana Safa
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1769 seconds (0.1#10.140)