Penyebab HP Mati Sendiri dan Cara Mengatasinya, Pastikan OS Selalu Update

Senin, 27 November 2023 - 12:32 WIB
loading...
Penyebab HP Mati Sendiri dan Cara Mengatasinya, Pastikan OS Selalu Update
Usia HP yang sudah tua merupakan salah satu penyebab HP sering mati sendiri. (Foto: MNC)
A A A
HP mati sendiri disebabkan banyak faktor. Sebelum memutuskan membawa HP ke service center, cari tahu penyebabnya terlebih dahulu.

Bila sering menggunakan powerbank , pastikan menggunakan produk terpercaya dan original. Begitu pula aksesoris HP seperti charger dan kabel data . Pastikan tidak bermasalah, original dan support dengan HP yang Anda miliki.
Berikut beberapa penyebab HP sering mati sendiri dan cara mengatasinya.

Penyebab HP Mati Sendiri

1. Usia HP Sudah Tua


Usia HP yang sudah tua merupakan salah satu penyebab HP sering mati sendiri. Umumnya, usia HP lima tahun. Namun sebagian HP ada yang bertahan hingga 10 tahunan, tergantung penggunaan dan perawatan. Tanda-tanda HP sudah tua bisa berupa layar bergaris, aplikasi sering crash, baterai cepat habis atau performanya melambat.

2. Overheat


Penyebab HP mati sendiri bisa karena chip CPU dan GPU mengalami overheat. Dua chip ini bisa dikatakan sebagai 'otak' dari HP supaya dapat beroperasi menjalankan berbagai aplikasi. Apabila CPU hp dipaksa bekerja terlalu keras, bahkan sampai waktu cukup lama, dampaknya membuat performa hp rentan mati sendiri.

3. Penumpukan Cache


Cache yang jarang dibersihkan sangat berpengaruh terhadap fungsi HP. Cache adalah file sampah di HP yang biasanya dibiarkan begitu saja sampai menumpuk. Semakin sering Anda menggunakan HP, cache akan jadi lebih banyak. Akibatnya, aplikasi sering crash saat sedang digunakan.

4. Baterai Rusak


Baterai adalah salah satu bagian terpenting dalam HP. Ketika performa baterai sudah tidak maksimal, hal ini dapat memicu perangkat jadi mati sendiri. Selain itu, baterai hp rusak ditandai dengan daya yang lebih cepat habis, bahkan tidak sampai satu hari meski sudah dicas penuh hingga 90 persen.

5. Sistem Operasi Error


Sistem operasi atau operating system (OS) error termasuk salah satu penyebab HP mati sendiri. Kondisi tersebut umumnya karena pengaruh sistem OS di HP masih lawas atau belum di-update. Kerusakan atau error pada sistem operasi lainnya bisa disebabkan oleh kemunculan bug dan virus.

6. Firmware Banyak Bug


Bug pada firmware sangat berisiko pada performa HP. Selain jadi sering mati sendiri, HP akan bekerja lebih lambat. Tak hanya itu, sistem operasi HP jadi tidak stabil sehingga daya baterai cepat habis.

7. Lupa Mematikan Jadwal On-off Otomatis

Penyebab HP mati sendiri bisa karena lupa mematikan sistem on-off otomatis. Karena itu, cek kembali pengaturan HP, apakah pengaturan jadwal daya hidup dan mati ini aktif atau tidak. Jika aktif bisa Anda nonaktifkan segera.

Cara Mengatasi HP Mati Sendiri


Bila semua penyebab sudah diketahui secara pasti, Anda bisa langsung mengambil langkah perbaikan. Bisa dengan cara memperbaiki sendiri atau langsung datang ke service center HP. Bila HP mati sendiri, cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah me-restart HP. Cara ini adalah cara paling mudah untuk mengatasi HP mati.

Restart adalah penyegaran sistem supaya performa hp jadi lebih maksimal. Saat Anda melakukan restart HP, seluruh file sampah yang tidak dipakai akan terhapus sehingga sistem HP akan lebih fresh untuk digunakan kembali secara optimal.

Cara kedua, Anda bisa me-reset HP kembali ke setelan pabrik. Sayangnya, proses reset ini akan menghapus seluruh data di HP, termasuk aplikasi, file foto, video hingga kontak yang tersimpan di telepon. Apabila cara pertama dan kedua belum berhasil, alternatifnya bisa menghubungi customer service sesuai merek HP yang digunakan.

Itulah penyebab HP mati sendiri dan cara mengatasinya. Dapatkan berbagai aksesoris HP berkualitas dan original hanya di AladinMall . Nikmati diskon hingga 93% dan Gratis Ongkir tanpa batas se-Indonesia. Untuk mendapatkan promo belanja hemat lainnya, buruan download aplikasi AladinMall di Play Store dan App Store .
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2269 seconds (0.1#10.140)