Ganjar-Mahfud Dorong Kemajuan Industri Digital di Indonesia, Pengamat Setuju dengan Gagasannya!

Sabtu, 25 November 2023 - 12:16 WIB
loading...
Ganjar-Mahfud Dorong Kemajuan Industri Digital di Indonesia, Pengamat Setuju dengan Gagasannya!
Ganjar-Mahfud berkomitmen untuk mendorong implementasi kemandirian industri digital di Indonesia. (Foto: Azis Indra)
A A A
JAKARTA - Pasangan Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 3, Ganjar-Mahfud berkomitmen untuk mendorong implementasi kemandirian industri digital di Indonesia.

"Meningkatkan porsi industri digital domestik dalam proses digitalisasi, termasuk penciptaan aplikasi nasional. Meningkatkan peran pelaku usaha dan produk domestik dalam aktivitas ekonomi digital termasuk e-commerce untuk mendukung perkembangan UMKM lokal," ungkap Ganjar saat menghadiri acara temu daerah BEM Nusantara Jawa Timur di Universitas Dr. Soetomo Surabaya beberapa waktu lalu.

Ganjar menegaskan bahwa ekonomi digital memiliki potensi yang sangat besar jika dikembangkan dengan serius. Oleh karena itu, salah satu fokus program dari dirinya dan Mahfud MD adalah percepatan pembangunan infrastruktur digital di Indonesia.

"Potensi ekonomi digital di Indonesia itu sangat besar, mencapai sekitar Rp 4.531 triliun. Maka jika hal ini dapat dikelola dengan baik, maka ini dapat menjadi salah satu alat untuk mewujudkan Indonesia emas 2045," ungkap Ganjar.



Menurutnya, pemerintah saat ini belum mengoptimalkan potensi ekonomi digital dan ingin mendorong perkembangan ekonomi digital Indonesia.

Beberapa program yang direncanakan Ganjar-Mahfud untuk mencapai tujuan tersebut antara lain membangun infrastruktur digital khususnya Internet. Ganjar mengatakan, peningkatan infrastruktur internet di seluruh Indonesia merupakan permasalahan yang perlu segera diatasi.

"Percepatan pembangunan jaringan dan infrastruktur digital yang terjangkau itu harus dilakukan secara merata. Internet kita harus cepat, karena pelatihan dan dukungan akan sia-sia apabila internet kita itu tidak mendukung," ungkapnya.

Ganjar meyakini internet cepat akan membuat generasi muda Indonesia bisa terus berkreasi dan berinovasi. Ia juga meyakini generasi muda Indonesia berpotensi bersaing di dunia digital jika memiliki infrastruktur yang tepat.

Pengamat keamanan Siber dan Forensik Digital dari Vaksincom, Alfons Tanujaya pun mengatakan salah satu upaya Ganjar-Mahfud untuk mencapai gagasan tersebut adalah menghadirkan koneksi internet yang kuat, cepat, dan murah.

Dalam visi misi tersebut, kata Alfons, Ganjar-Mahfud yakin bahwa koneksi internet yang kuat, cepat, dan terjangkau akan dapat membantu mendorong pertumbuhan aktivitas digital yang produktif dan memiliki daya saing di tingkat internasional.

Alfons pun menegaskan bahwa ide tersebut tidak boleh hanya menjadi wacana, melainkan harus mampu diwujudkan dalam kehidupan masyarakat Indonesia.



Alfons mengatakan kehidupan masyarakat di masa depan akan sangat bergantung pada aspek digital, sehingga diperlukan konektivitas internet yang kuat dan terjangkau untuk mendukung dan mengembangkan aktivitas masyarakat. "Mengadopsi digitalisasi dalam sektor kehidupan sehari-hari itu akan memberikan efisiensi, penghematan, serta kemudahan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari," ujar Alfons dikutip pada Kamis, 23 November 2023.

Meski demikian, Alfons juga menyatakan bahwa pendidikan tentang pengetahuan digital akan sangat penting bagi masyarakat. Oleh karena itu, program bertajuk "Cerah Digital – cerdas dan ahli digital" yang digagas oleh pasangan Ganjar-Mahfud dianggap sebagai langkah positif.

Ganjar-Mahfud berkomitmen memberikan program pelatihan dan beasiswa yang membantu meningkatkan sumber daya manusia digital, serta literasi digital pejabat pemerintah dan semua pihak.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3704 seconds (0.1#10.140)