5 Cara Mengatasi Adobe Premiere Terasa Berat hingga Lag, Kenali dan Pahami!

Selasa, 21 November 2023 - 16:52 WIB
loading...
5 Cara Mengatasi Adobe Premiere Terasa Berat hingga Lag, Kenali dan Pahami!
Banyak cara untuk mengatasi Adobe Premiere yang terasa berat hingga lag. Foto/stock.adobe.com
A A A
JAKARTA - Ada sejumlah cara untuk mengatasi Adobe Premiere yang terasa berat hingga lag ketika dijalankan. Salah satunya adalah dengan menghapus media cache yang tersimpan.

Adobe Premiere menjadi salah satu aplikasi editing yang sangat populer. Banyak fitur Adobe Premiere yang memudahkan pengguna sehingga platform ini cukup disukai.

Terlepas dari beragam manfaatnya, pengguna Adobe Premiere juga sering mengeluhkan sejumlah masalah yang bisa muncul ketika aplikasi digunakan. Beberapa yang paling umum adalah performanya yang terasa berat hingga menyebabkan perangkat lag.

Lantas, bagaimanakah cara mengatasi Adobe Premiere yang terasa berat hingga lag ketika digunakan? Dihimpun dari berbagai sumber, simak ulasannya berikut ini.

Cara Mengatasi Adobe Premiere Berat hingga Lag


1. Bersihkan Media Cache


Layaknya aplikasi lain, Adobe Premiere juga memiliki data cache yang tersimpan seiring penggunaannya. Apabila terus dibiarkan, kumpulan cache tersebut bisa menumpuk dan mengganggu performanya.



Akibatnya, pengguna bisa mengalami gangguan saat mengoperasikan Adobe Premiere. Misal, seperti aplikasi yang berjalan sangat lambat, hingga muncul pemberitahuan ‘Not Responding’.

Cara membersihkan media cache pada Adobe Premiere bisa dilakukan dengan mudah.

- Pertama, masuk ke aplikasi Adobe Premiere.
- Klik menu ‘Edit’. Lalu, pilih opsi ‘Preferences’.
- Setelah itu, masuk ke opsi ‘Media Cache’.
- Klik ‘Delete’ untuk menghapus cache yang tersimpan.
- Selesai.

2. Menyesuaikan Spesifikasi Perangkat


Adobe Premiere terbilang sebagai aplikasi yang cukup berat untuk dijalankan. Terlebih, apabila spesifikasi perangkat yang digunakan pas-pasan, performanya akan sangat lambat dan bikin jengkel.

Ada beberapa solusi yang bisa dilakukan. Pertama, adalah melakukan update hardware, termasuk RAM hingga SSD.

Jika tidak memungkinkan, Anda bisa menggunakan versi Adobe Premiere yang lebih kecil dan ringan. Intinya, sesuaikan dengan perangkat yang dimiliki.

3. Menggunakan Efek Sesuai Kebutuhan


Adobe Premiere memiliki banyak plugin yang bisa menambah efek atau filter dalam proses pengeditan. Namun, Anda disarankan untuk tidak berlebihan menggunakannya, terlebih jika perangkat yang dipakai punya spek pas-pasan.

Efek atau filter tersebut memang sangat membantu proses pengeditan. Namun, penggunaan plugin ini juga memengaruhi beban aplikasi.

Tak hanya menjadikan Adobe Premiere sangat berat ketika dijalankan, nantinya proses export file juga bakal memakan waktu lebih lama. Bahkan, ada potensi proses tersebut mengalami kegagalan.

4. Tutup Aplikasi Lain


Apabila memiliki perangkat dengan spek pas-pasan, ada cara untuk mengakalinya. Misal, seperti meminimalisir penggunaan RAM dan CPU dengan menutup semua aplikasi lain yang berjalan di luar Adobe Premiere.

Nantinya, CPU dan RAM yang dimiliki hanya berfokus pada aplikasi Adobe Premiere saja. Anda bisa menutup aplikasi yang berjalan melalui fitur Task Manager.

5. Optimalkan Penggunaan RAM ke Adobe Premiere


Optimalisasi penggunaan RAM bisa dilakukan untuk Adobe Premiere. Langkah ini ditujukan agar nantinya proses pengeditan berjalan lancar.

- Pertama, masuk ke Adobe Premiere.
- Pilih opsi ‘Edit’.
- Kemudian, masuk ke opsi ‘Preferences’
- Klik opsi ‘Memory’.
- Setelah itu, atur opsi ‘Optimize Rendering for’ ke Performance.
- Lalu, ubah RAM reserved for other applications ke angka yang lebih kecil.
- Selesai.

Demikian ulasan mengenai cara mengatasi Adobe Premiere yang terasa berat hingga lag. Semoga bermanfaat.
(okt)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2563 seconds (0.1#10.140)
pixels