Begini Cara Merawat Kulkas yang Benar, Dijamin Awet

Selasa, 21 November 2023 - 15:06 WIB
loading...
Begini Cara Merawat Kulkas yang Benar, Dijamin Awet
Kulkas yang tidak dirawat dapat mengakibatkan masalah penurunan efisiensi pendinginan, bau tidak sedap, hingga kerusakan serius. (Foto: MNC)
A A A
JAKARTA - Cara merawat kulkas tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Apalagi mengingat fungsinya yang sangat penting, yakni untuk menjaga makanan dan minuman tetap segar dan aman untuk dikonsumsi.

Kulkas yang digunakan nonstop setiap hari tentunya membuat alat ini tidak bebas dari kerusakan. Tahukah Anda jika lemari es yang tidak dirawat dapat mengakibatkan masalah seperti penurunan efisiensi pendinginan, bau tidak sedap, bahkan kerusakan yang lebih serius.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui cara merawat kulkas supaya dapat melakukannya secara rutin. Dengan demikian, alat elektronik satu ini akan dapat digunakan dalam jangka panjang alias lebih awet.

Cara Merawat Kulkas Mudah dan Hemat

1. Jangan Menyimpan Makanan/Minuman Bersuhu Panas


Makanan atau minuman yang bersuhu panas dapat mengubah temperatur kulkas menjadi lebih hangat. Padahal, sebelumnya kulkas sudah diatur pada suhu tertentu. Akibatnya, hal ini dapat membuat suhu berubah dan merusak temperatur di dalamnya.

Di sisi lain, perubahan suhu yang terjadi ini juga dapat merusak makanan atau minuman yang disimpan di dalamnya. Solusinya, Anda bisa mendinginkan makanan dan minuman tersebut menjadi suhu ruang terlebih dahulu, baru kemudian dapat disimpan di dalam kulkas.

2. Jangan Menyimpan Makanan dan Minuman Berlebihan di Dalam Kulkas


Isilah kulkas dengan makanan secukupnya, apalagi terlalu menyimpan banyak botol air. Botol air mempunyai beban yang berat sehingga bisa membuat wadah menjadi pecah dan rusak bila terlalu penuh.

Di sisi lain, hal ini juga dapat menimbulkan berbagai risiko buruk lainnya seperti menghambat aliran udara yang menyebabkan kulkas tidak berfungsi dengan baik dan makanan lebih cepat membusuk.

3. Jangan Mencampur Aneka Jenis Makanan dalam Kulkas


Kulkas dengan tipe apa pun itu, sebaiknya tidak untuk mencampur semua jenis makanan yang ditumpuk menjadi satu tanpa memisahkannya terlebih dahulu. Pasalnya, makanan lain jadi bisa terkontaminasi virus dan bakteri dari jenis makanan lainnya. Pada akhirnya, bau kulkas pun jadi tidak sedap.

Solusinya, Anda dapat memisahkan jenis makanan berdasarkan rak-raknya. Anda juga dapat menggunakan wadah penyimpanan khusus agar bahan makanan dapat terorganisir dan lebih awet untuk disimpan. Selain itu, kulkas jadi lebih bersih karena tidak terdapat noda bekas makanan.

4. Pastikan Pintu Kulkas Selalu Tertutup Rapat


Pintu kulkas yang tidak tertutup rapat dapat menyebabkan penumpukan kondensasi di bagian dalamnya. Akibatnya, kompresor kulkas akan bekerja lebih keras dan bisa menyebabkan kerusakan.

Suhu dingin yang terus-menerus keluar ketika pintu kulkas tidak tertutup rapat juga dapat mengurangi ketahanan makanan yang disimpan. Udara luar yang masuk ke dalam kulkas juga dapat mencemari makanan yang Anda simpan.

5. Bersihkan Secara Rutin


Kulkas yang dibersihkan secara teratur dapat membuatnya tetap bersih, terhindar dari penumpukan noda, menjaga kulkas dari bau, dan tentunya menjaga keadaan kulkas agar tidak cepat rusak.

Pastikan untuk membersihkan rak, laci, dan kantong penyimpanan dalamnya. Jika ada bau yang tidak sedap, gunakan larutan air dan cuka untuk membersihkannya. Jangan gunakan bahan kimia yang keras atau bau menyengat.

Itulah beberapa cara merawat kulkas yang bisa Anda lakukan di rumah. Dengan perawatan yang tepat, Anda dapat menghindari biaya perbaikan yang mahal, mencegah kerusakan lebih serius, hingga memperpanjang umur pakai kulkas.

Namun jika sudah terlanjur rusak, Anda disarankan untuk membeli unit yang baru karena kulkas yang sudah tidak berfungsi dengan baik dapat memengaruhi kualitas makanan dan minuman yang Anda simpan di dalamnya.

Untungnya, kini Anda bisa mendapatkan kulkas murah meriah karena lagi ada diskon hingga 41% sekaligus gratis ongkir tanpa batas di AladinMall ! Download aplikasinya di Google Play dan App Store sekarang juga buat belanja sebelum kehabisan!
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4495 seconds (0.1#10.140)