Samsung Raja Pasar Smartphone Indonesia di Triwulan Ketiga 2023

Selasa, 21 November 2023 - 09:15 WIB
loading...
Samsung Raja Pasar Smartphone Indonesia di Triwulan Ketiga 2023
Riset Counterpoint mencatat Samsung merajai pasar ponsel di Indonesia sepanjang kuartal ketiga 2023. Foto: PT SEIN
A A A
JAKARTA - Samsung ternyata masih jadi raja smartphone di Indonesia. Tepatnya, selama triwulan ketiga 2023. Strategi pabrikan asal Korea Selatan tersebut untuk memperbanyak model HP kelas entry level dan mid-range berbuah manis.

”Di triwulan ketiga, Samsung memang memiliki market share terbesar,” beber Senior Analyst Counterpoint Research, Febriman Abdillah di Jakarta, di acara Indonesia Gadget Award 2023 belum lama ini seperti dilansir Antara.

Samsung berhasil meraih pangsa pasar hingga 20 persen, lebih tinggi dibandingkan pabrikan HP lainnya. Meski, sebenarnya angka tersebut justru turun 1 persen dibandingkan tahun lalu di periode yang sama. Sebab, pada triwulan ketiga 2022, Samsung mendapatkan market share 21 persen.

Untuk peringkat kedua, ada Oppo dengan pangsa pasar 18 persen. Angka tersebut turun 4 persen dibanding periode yang sama tahun lalu sebesar 22 persen.

Adapun Xiaomi berada di posisi ketiga dengan pangsa pasar 18 persen, diikuti oleh vivo (16 persen), realme (10 persen), Infinix (10 persen), dan merek lainnya (8 persen).

Febriman Abdillah mengatakan, Samsung berhasil meraih peringkat pertama berkat penjualan yang kuat di segmen ponsel entry level (di bawah Rp3 juta) dan segmen mid range di rentang harga Rp3 juta hingga Rp6 juta.

“Segmen tersebut menyumbang sebagian besar total pengiriman triwulanan Samsung,” ungkapnya. Sementara Oppo mengalami pertumbuhan pengiriman di segmen mid range seperti Reno8, Reno8 T, Reno10, dan A78.

Adapun Xiaomi berada di peringkat ketiga berkat upaya mereka untuk memperkuat pasokan, distribusi, dan program penjualannya melalui promosi harga atau diskon.

Untuk pertumbuhan realme, didukung segmen entry-level (di bawah Rp3 juta) seperti realme C30s, C53, C55. Sama seperti realme, pertumbuhan Infinix juga didorong oleh pengiriman ponsel pintar dengan harga di bawah Rp3 juta.

Infinix menjadi lebih populer karena spesifikasinya yang dinilai kompetitif dan memperkuat proposisinya sebagai “merek untuk anak muda”.

Dalam laporan tersebut disebutkan bahwa sejumlah vendor mengalami peningkatan volume pengiriman (shipment) pada kuartal ketiga 2023 di Indonesia.
Angka pengiriman Xiaomi meningkat sebesar 30 persen. Pengiriman Infinix dan realme juga meningkat masing-masing 17 dan 14 persen.

Adapun vivo mengalami penurunan angka pengiriman sebesar 13 persen, Oppo turun sebesar 12 persen, dan Samsung turun sebesar 1 persen.
Secara keseluruhan, riset Counterpoint mencatat pasar ponsel pintar di Indonesia mulai kembali bergairah.

Ini terlihat dengan meningkatnya angka pengiriman ponsel pintar di Indonesia sebesar 3 persen pada kuartal ketiga 2023 dibanding periode yang sama tahun lalu.



Febriman mengatakan, peningkatan tersebut didorong oleh banyaknya vendor yang merilis model ponsel pintar terbaru. Selain itu, musim liburan sekolah dan sejumlah musim promo belanja seperti 8.8 dan 9.9 juga menjadi faktor pendorong konsumen untuk membeli ponsel pintar.

“Ekonomi Indonesia sendiri kami lihat membaik walaupun pertumbuhannya agak melambat dibanding tahun lalu di kuartal yang sama. Tapi daya beli masyarakat semakin tinggi, semakin kuat. Sehingga membuktikan adanya permintaan smartphone juga naik,"ucapFebriman.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2905 seconds (0.1#10.140)