Daftar Negara Asia yang Memblokir TikTok, Terbaru Ada Nepal

Sabtu, 18 November 2023 - 15:08 WIB
loading...
Daftar Negara Asia yang Memblokir TikTok, Terbaru Ada Nepal
Nepal menjadi salah satu negara terbaru yang melakukan pemblokiran terhadap TikTok. Foto: Premium Beats
A A A
JAKARTA - Nepal menjadi negara terbaru yang melarang platform berbagi video TikTok, mengatakan bahwa aplikasi populer tersebut mengganggu “keharmonisan sosial,”.

Menteri Luar Negeri Narayan Prakash Saud mengatakan, TikTok dilarang usai rapat Kabinet belum lama ini. Dia juga mengatakan pemerintah telah meminta platform media sosial untuk mendaftar dan membuka kantor penghubung di negara tersebut, membayar pajak, serta dan mengikuti hukum dan peraturan negara tersebut, seperti dilansir dari AP.

“Pemerintah telah memutuskan untuk melarang TikTok karena diperlukan untuk mengatur penggunaan platform media sosial yang mengganggu keharmonisan sosial, niat baik, dan aliran materi tidak senonoh,” kata Saud.

Purushottam Khanal, ketua Otoritas Telekomunikasi negara tersebut, meminta penyedia layanan internet untuk menutup akses ke TikTok di negara dengan penduduk 30 juta orang itu.

TikTok, yang dimiliki oleh perusahaan Tiongkok ByteDance, telah menghadapi pengawasan ketat selama setahun terakhir karena kekhawatiran keamanan siber bahwa Partai Komunis Tiongkok berpotensi mengakses data dari TikTok.

Beberapa negara telah melarang TikTok digunakan oleh pegawai pemerintah, termasuk Inggris, Selandia Baru, dan Amerika Serikat. Beberapa negara bagian di AS juga telah melarang TikTok dipakai oleh pegawai pemerintah karena masalah keamanan siber.

Beberapa anggota parlemen AS telah mengusulkan undang-undang yang secara efektif melarang aplikasi tersebut beroperasi di AS sepenuhnya dengan menjatuhkan sanksi terhadap ByteDance.

TikTok sendiri menyatakan bahwa mereka independen dari Tiongkok dan tidak tunduk pada permintaan data apa pun dari Beijing, dan bahwa mereka telah mengambil langkah-langkah untuk melindungi data pengguna AS pada khususnya. TikTok juga berinvestasi USD1,5 miliar ke Project Texas untuk menyimpan data pengguna mereka di Amerika.

Pengguna TikTok juga berkurang drastis pada 2021 setelah India melarang TikTok dan sejumlah aplikasi asal China lainnya seperti WeChat.

Nah, berikut adalah beberapa negara Asia yang melarang TikTok beroperasi di negara mereka:

1. India

India memblokir TikTok pada 29 Juni 2020 karena alasan keamanan nasional. Pemerintah India mengklaim bahwa TikTok mengumpulkan data pengguna secara ilegal dan menyebarkan konten yang berbahaya.

2. Pakistan

Pakistan memblokir TikTok pada 15 Oktober 2021 karena alasan keamanan nasional. Pemerintah Pakistan mengklaim bahwa TikTok menyebarkan konten yang berbahaya, termasuk konten yang mempromosikan terorisme dan ekstremisme.

3. Myanmar

Myanmar memblokir TikTok pada 1 Februari 2022 karena alasan keamanan nasional.


4. Vietnam

Vietnam memblokir TikTok pada 21 Juni 2022 karena alasan keamanan. Pemerintah Vietnam mengklaim bahwa TikTok mengumpulkan data pengguna secara ilegal dan menyebarkan kontenyangberbahaya.
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1548 seconds (0.1#10.140)