Fitur AI Baru Meta Bikin Pengguna Edit Foto Lebih Jago dari Photoshop

Sabtu, 18 November 2023 - 07:55 WIB
loading...
Fitur AI Baru Meta Bikin Pengguna Edit Foto Lebih Jago dari Photoshop
Foto Mark Zuckerberg bersama anjingnya, Max, yang bisa diedit menggunakan AI dengan mudah. Foto: Meta
A A A
JAKARTA - Mark Zuckerberg memang tidak ingin kalah bersaing dalam hal kecerdasan buatan/AI. Ia terus berupaya memperkaya pengalaman pengguna di platformnya.

Kali ini pria berdarah Yahudi itu telah memamerkan kemampuan Expressive Media Universe (EMU) yang merupakan model dasar pembuatan gambar Meta.

Disebut sebagai Emu Edit, fitur baru tersebut dapat mengubah foto secara tepat berdasarkan masukan teks.

Pengguna bisa menambahkan seekor anjing ke foto yang sudah ada, menghapus seseorang dari sebuah foto, atau mengubah latar belakang foto. Bahkan Zuckerberg mengklaim perusahaannya sedang berusaha mengintegrasikan kemampuan pengeditan kreatif ini juga ke dalam video dan foto untuk Facebook dan Instagram lewat Emu Video yang dapat menghasilkan video berkualitas tinggi berdasarkan teks.

Meta mengklaim bahwa salah satu keunggulan Emu Edit adalah ia dapat mengikuti instruksi dengan tepat, artinya pengguna dapat mengubah satu bagian tertentu pada foto sementara bagian foto lainnya tetap sama.

Sedangkan untuk Emu Video, perusahaan mengklaim bahwa pendekatan yang digunakannya menghasilkan video dengan kualitas lebih tinggi, dan lebih sesuai dengan perintah teks, dibandingkan alat AI lainnya.



Perusahaan juga menyatakan bahwa Emu Video dan Emu Edit bukan pengganti seniman dan animator profesional. Namun, mereka tidak menjelaskan bagaimana teknologi seperti ini kedepannya bakal berdampak pada senimanprofesional.
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1526 seconds (0.1#10.140)
pixels