5 Fitur Baru Google Maps Berbasis AI, Makin Sempurnakan Pencarian Jalan

Jum'at, 17 November 2023 - 08:38 WIB
loading...
5 Fitur Baru Google Maps Berbasis AI, Makin Sempurnakan Pencarian Jalan
Google Maps menambahkan lima fitur baru berbasis artificial intelligent untuk memuaskan penggunanya. (Foto: Foxnews)
A A A
JAKARTA - Google Maps dikenal sebagai salah satu aplikasi navigasi terpopuler dan banyak digunakan di dunia. Google pun menambahkan lima fitur baru berbasis artificial intelligent (AI) untuk memuaskan penggunanya.

Melansir Foxnews, Jumat (17/11/2023), salah satu fitur baru paling mengesankan adalah Immersive View, yang memungkinkan pengguna melihat rute dalam tampilan 3D. Tampilannya pun menjadi realistis dan rinci. Begit pula tampilan landmark dan rambu petunjuk sebelum memulai perjalanan.

Penjelajahan tempat-tempat berbeda dan melihat tampilan secara real-time menjadi keunggulan. Fitur ini sangat berguna untuk area yang tidak dikenal atau kompleks saat tersesat atau tengah kebingungan menentukan arah.

Pembaruan fitur lainnya berupa Pencarian Google Maps yang menggunakan AI untuk membantu menemukan lokasi relevan berdasarkan preferensi, kebutuhan, dan konteks perjalanan. Misalnya, ketika pengguna mencari restoran, Google Maps akan menunjukkan opsi yang sesuai dengan selera serta anggaran.



Foto dan ulasan yang dikirim oleh pengguna untuk memberikan gambaran yang lebih baik tentang apa yang diharapkan juga kini ditampilkan. Pengguna dapat menyaring hasil pencarian berdasarkan berbagai kriteria, seperti peringkat, masakan atau jarak.

Navigasi Google Maps juga mendapatkan dukungan AI, dengan panduan jalur dan informasi lalu lintas yang diperbarui. Pengguna dapat melihat jalur mana yang diambil untuk arah keluar atau belokan, dan seperti apa jalur-jalur itu nantinya.

Pengguna juga akan mendapatkan pembaruan real-time tentang kondisi jalan, kecelakaan, dan kemacetan, sehingga dapat merencanakan rute secara sesuai. Google Maps juga akan menyarankan rute alternatif jika ada cara yang lebih cepat atau lebih mudah untuk mencapai tujuan.

Jika memiliki kendaraan listrik, fitur baru Google Maps menambahkan lebih banyak informasi tentang stasiun pengisian daya kendaraan listrik ke aplikasinya. Aplikasi ini akan menunjukkan di mana stasiun pengisian daya terdekat, jenis pengisi daya yang mereka miliki, seberapa cepat mereka dapat mengisi baterai, dan kapan terakhir kali mereka digunakan. Pengguna juga akan dapat melihat apakah stasiun pengisian daya itu tersedia atau terisi, sehingga tidak membuang waktu atau energi.

Sebagai bagian dari pembaruan, Google mengganti nama fitur "Search with Live View" menjadi "Lens in Maps." Fitur ini menggunakan AI untuk mengenali dan memberi label pada objek dan tempat dalam tampilan kamera, seperti ATM, stasiun transit, restoran, kedai kopi, dan toko.



Pengguna juga dapat meminta AI memberi tahu lebih lanjut tentang tempat-tempat ini dan bagaimana cara mencapainya. Fitur ini akan memberi jawaban terbaik tergantung pada apa yang ingin diketahui dan dimana posisi pengguna berada. Teknologi AI juga menyajikan informasi dan petunjuk di tampilan kamera menggunakan augmented reality.

Google Maps tanpa diragukan lagi termasuk salah satu aplikasi paling berguna dan inovatif. Namun, kekurangannya, yaitu jumlah data pribadi yang dikumpulkan oleh Google dari penggunaannya. Google menggunakan data ini untuk meningkatkan layanannya, tetapi juga untuk menargetkan iklan dan memengaruhi perilaku. Tidak ada makan siang gratis dari perusahaan teknologi besar, dan Google Maps bukan pengecualian.

Dengan fitur AI baru ini, Google Maps menawarkan pengalaman yang lebih mendalam serta personal. Tetapi ingatlah, tidak ada yang gratis. Google Maps juga mengumpulkan banyak data dari pengguna untuk keperluan mereka sendiri. Jadi, perhatikan pengaturan privasi dan apa yang dibagikan dengan Google. Google Maps adalah aplikasi hebat, tetapi tidak sempurna.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1623 seconds (0.1#10.140)