Anti Ngelag! Ini 9 Cara Mengatasi Laptop Lemot

Selasa, 14 November 2023 - 17:39 WIB
loading...
Anti Ngelag! Ini 9 Cara Mengatasi Laptop Lemot
Ada beberapa cara mengatasi laptop lemot agar kembali normal dan siap digunakan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Yuk, cari tahu cara mengatasi laptop lemot agar kembali normal dan siap digunakan. Jangan sampai produktivitas menurun gegara laptop lemot.

Laptop adalah perangkat kerja yang biasa digunakan untuk mengolah data, mengakses informasi, dan menyimpan berkas digital. Laptop juga kerap disebut versi ringkas komputer.

Karena sebagai penunjang pekerjaan, kinerja dan performa laptop sangat penting. Sebab, aplikasi yang digunakan dan fitur yang dibutuhkan perlu didukung dengan kemampuan atau performa laptop.

Lantas, bagaimana cara mengembalikan kinerja laptop ke performa semula?

Cara Mengatasi Laptop Lemot

1. Bersihkan Cache

Tanpa disadari laptop akan menyimpan cache atau temporary files yang akan memakan kapasitas penyimpanan sekaligus memperlambat kinerja laptop kamu. Cara membersihkan cache bisa dilakukan dengan klik File Manager lalu klik kanan di harddisk yang ada di laptop kamu.

2. Lakukan Disk Defragmenter

Cara ini perlu diterapkan pada laptop yang sudah lama dipakai. Karena proses disk defragmenter memakan waktu, sebaiknya lakukan pada malam hari atau saat laptop tidak aktif digunakan. Jangan lupa pasang charger agar daya baterai laptop tidak habis ketika proses berlangsung.

Setelah itu, klik Properties dan pilih Disk Clean Up. Tunggu beberapa saat hingga layar menampilkan file yang perlu dibersihkan. Lalu pilih file yang akan dihapus dan tunggu hingga proses selesai.

3. Manfaatkan Fitur MsConfig

Khusus pengguna laptop berbasis Windows bisa menggunakan cara ini. Untuk mengaktifkan fitur MsConfig, buka menu Start dan ketik Run lalu tekan enter. Kemudian ketik MsConfig di kolom yang tersedia lalu enter. Selanjutnya layar akan menampilkan berbagai program yang tersedia di laptop. Matikan program-program yang tak terpakai guna memperingan kinerja laptop.

4. Bersihkan Laptop

Kipas laptop yang kotor dapat menghambat keluar panas. Akibatnya suhu laptop semakin meningkat dan memperlambat kinerjanya. Karena itu, bersihkan perangkat dari debu, khususnya area kipas.

Dengan membersihkannya, kamu akan mengetahui jika ada benda asing yang menyumbat laptop selain debu. So, lakukan pembersihan ini secara berkala ya!

5. Gunakan Cooling Pad

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, laptop yang semakin panas akan memperlambat kinerjanya. Jadi, selain dibersihkan, kamu juga bisa menggunakan cooling pad untuk memperingan kerja kipas laptop. Dengan begitu, laptop lebih awet dan kinerjanya optimal.

6. Gunakan SSD

Laptop zaman sekarang sudah menggunakan SSD (Solid State Drive) sebagai ruang penyimpanan. Wajar saja karena SSD dapat memperingan kerja laptop dibanding HDD. Umumnya, laptop dengan HDD cenderung kurang responsif dan lebih lambat. Jadi, ganti harddisk laptop kamu dengan SSD supaya laptop tidak lambat lagi.

7. Matikan Program Otomatis

Biasanya, ada aplikasi yang langsung aktif secara otomatis saat kamu menyalakan laptop, seperti aplikasi music dan scanner. Masalahnya, daya yang dibutuhkan untuk membuka aplikasi tersebut malah membuat kinerja laptop melambat.

Sebaiknya matikan program otomatis melalui menu Setting atau Pengaturan. Jika sudah, laptop akan bekerja lebih cepat saat startup .

8. Hapus Program yang Tidak Dipakai

Hapus program atau aplikasi yang tidak digunakan. Selain mengurangi kapasitas penyimpanan, aplikasi tersebut akan mengurangi beban kerja laptop.

Cari aplikasi yang jarang atau tidak pernah kamu gunakan. Setelah itu uninstall program tersebut. Cara ini juga akan menghapus file-file yang berkaitan dengan aplikasi tak terpakai. Dijamin deh laptop kamu akan lebih lancar saat digunakan.

9. Pakai Antivirus

Salah satu faktor yang memengaruhi kinerja laptop adalah serangan virus. Jika terjangkit virus, perangkat kamu akan jadi lemot. Untuk itu, install antivirus dan lakukan scan virus secara berkala. Tetapi, pastikan antivirus yang terpasang tidak membebani laptop kamu.

Itulah cara mengatasi laptop lemot. Dapatkan diskon hingga 71% untuk pembelian laptop di AladinMall . Nikmati fasilitas Gratis Ongkir tanpa batas, sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku. Yuk, belanja hemat dengan cara men-download aplikasi AladinMall di Play Store dan App Store.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1085 seconds (0.1#10.140)