Saingi Apple, Oppo X7 Find Pro Bakal Punya Konektivitas Satelit

Selasa, 14 November 2023 - 10:49 WIB
loading...
Saingi Apple, Oppo X7 Find Pro Bakal Punya Konektivitas Satelit
Sistem konektivitas satelit digunakan di Apple dan Samsung, dan kini Oppo pun ikut memakai teknologi serupa. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Sistem konektivitas satelit semakin dilirik produsen ponsel global . Setelah Apple dan Samsung, kini giliran Oppo menawarkan teknologi yang sama.

Sistem konektivitas satelit semakin dilirik produsen ponsel global. Setelah Apple dan Samsung, kini giliran Oppo menawarkan teknologi yang sama. Dilansir Android Authority, Selasa (14/11) ini, sistem konektivitas satelit itu diumumkan Oppo melalui akun Weibo resmi milik mereka.

"Generasi selanjutnya ponsel flagship Oppo akan mendukung sistem koneksi komunikasi satelit, jadi tunggu saja," tulis Oppo di akun Weibo resmi milik mereka.

Android Authority mengatakan Oppo memang tidak menyebutkan ponsel mana yang akan memiliki fitur canggih tersebut. Hanya saja mereka memprediksi ponsel yang dibicarakan adalah ponsel flagship terbaru Oppo Find X7 Pro.

"Hanya saja pengumuman yang dilakukan Oppo tidak menyebutkan jadwal peluncuran atau wilayah mana yang akan mendukung sistem konektivitas satelit itu," sebut Android Authority.

Sistem konektivitas satelit memang tidak bisa berfungsi di semua wilayah. Sistem tersebut hanya bisa dijalankan di wilayah-wilayah yang memang mengizinkan terjadinya konektivitas melalui satelit.

Masalahnya buat Oppo adalah saat ini banyak negara yang justru sedikit keberatan jika ada produk buatan China yang bisa mengakses satelit yang mereka miliki. Dari situ Android Authority mengira fitur tersebut hanya akan bisa dijalankan di wilayah China saja.

"Meski nantinya ponsel tersebut akan dijual secara global," jelas mereka.

Sebelumnya fitur panggilan darurat melalui satelit memang terbukti sangat berguna. Terbukti beberapa kali fitur panggilan darurat satelit yang ada di iPhone 14 berhasil menyelamatkan nyawa pemilik ponsel berlogo apel itu ketika berada dalam keadaan gawat darurat.



Misalnya pada bulan Agustus 2023 lalu, sebuah keluarga diselamatkan dari kebakaran di Maui berkat fitur tersebut. Pada bulan Juni 2023, seorang pendaki gunung yang mengalami patah kaki diselamatkan oleh helikopter setelah menggunakan konektivitas satelit di iPhone 14 miliknya untuk meminta bantuan.

"Sejak saat itu pembuat ponsel pintar lain seperti Samsung telah bekerja sama dengan Google untuk menghadirkan fitur serupa ke Android. Dan Samsung baru saja mengonfirmasi bahwa mereka akan menambahkan kemampuan berbasis satelit ke Galaxy S24,"terang9to5mac.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1756 seconds (0.1#10.140)