5 Aplikasi Paling Banyak Memakan Kuota Internet, Nomor Terakhir Tak Terduga

Jum'at, 10 November 2023 - 15:00 WIB
loading...
5 Aplikasi Paling Banyak Memakan Kuota Internet, Nomor Terakhir Tak Terduga
Aplikasi yang banyak memakan kuota internet penting untuk dipahami agar paket data tidak boncos. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Ada sejumlah aplikasi yang paling banyak memakan kuota internet. Tak bisa diremehkan, kuota internet Anda bisa boncos tanpa sadar.

Seiring perkembangan teknologi, penggunaan internet seolah sudah menjadi kebutuhan pokok masyarakat. Terlebih, ada banyak aplikasi populer yang menawarkan layanan menarik yang tidak bisa ditolak para pengguna.

Pada pemakaiannya, terkadang pengguna mengeluhkan kuota internetnya yang cepat habis. Jika dicari penyebabnya, kemungkinan besar faktornya adalah penggunaan aplikasi yang menyedot banyak kuota.

Lantas, apa saja aplikasi yang banyak menghabiskan kuota internet? Dihimpun dari berbagai sumber, berikut beberapa di antaranya.

Aplikasi Paling Banyak Memakan Kuota Internet

1. YouTube

Platform streaming video ini memiliki banyak pengguna yang tersebar di penjuru dunia. Bersama kehadiran beragam sajian konten menarik, pengguna YouTube juga bisa memilih kualitas video yang ditonton hingga 4K.

Namun, pengguna harus sadar bahwa konsumsi kuota internetnya juga bergantung pada pemakaian. Jadi, semakin tinggi resolusi yang dipilih, maka makin banyak pula kuota internet yang terkuras.

Bahkan, dikatakan pada kualitas terendah 144p, YouTube masih menyedot kuota internet hingga 1MB per menit.

2. Instagram

Awalnya, Instagram hanya berfokus layanan berupa unggah foto. Namun, seiring waktu muncul berbagai fitur baru termasuk video beresolusi tinggi hingga filter tertentu.

Terlepas dari banyaknya fitur menarik yang dihadirkan ini, pengguna juga harus sadar terkait penggunaan kuota internetnya. Ketika lebih sering mengakses video seperti Reels, penggunaan kuotanya bakal membengkak.

Pada sebuah laporan, menghabiskan waktu setiap satu jam per hari di Instagram selama seminggu bisa mengurangi kuota internet sampai 4,2 GB. Hal ini berlaku hanya ketika pengguna menelusuri feed di beranda saja.

3. Facebook

Seiring kemunculan para kompetitor, Facebook terus berevolusi guna mengimbangi jalannya persaingan. Berawal dari sekadar jaringan pertemanan online, platform ini menghadirkan banyak hal baru bagi pengguna.

Mereka sudah memperkenalkan beberapa fitur baru dalam tahun-tahun terakhirnya. Tak hanya itu, Facebook mengikuti jejak kompetitornya untuk memungkinkan pengguna mengunggah video dalam resolusi tinggi.

Menurut SlashGear, pengguna yang sekadar menelusuri feed beranda saja bisa menghabiskan 50MB kuota internet per lima menitnya.

4. Netflix

Selain media sosial, platform layanan streaming berbayar juga memiliki konsumsi kuota internet boros. Maka dari itu, Anda disarankan untuk menggunakan Wi-Fi apabila sedang berlangganan platform streaming seperti Netflix.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1139 seconds (0.1#10.140)