3 Perangkat Futuristik yang Bisa Menggantikan Layar Sentuh

Kamis, 26 Oktober 2023 - 20:00 WIB
loading...
A A A

3. Kamera Gerak, Pelacakan Mata dan Deteksi Suara


Perangkat yang mendeteksi gerakan fisik, melacak gerakan mata, dan memahami percakapan adalah bagian dari teknologi tanpa sentuhan. Saat ini, beberapa kamera gerak sudah ada di pasaran, dengan versi terbaru dari macOS Sonoma sudah mengimplementasikan teknologi ini dalam versi terbaru dari sistem operasinya. Meskipun fungsionalitasnya saat ini terbatas pada efek visual dan emoji, namun membuka kemungkinan untuk komputasi tanpa sentuhan.

Pelacakan mata adalah teknologi lain yang memungkinkan pengguna untuk melakukan tugas pada perangkat pintar hanya dengan sekilas pandang. Perangkat ini dapat melacak gerakan mata dan menyinkronkannya di layar menggunakan LED inframerah dan sudah mulai diterapkan di Comcast dan headset HTC Vive XR.

Perangkat yang dikendalikan suara juga telah populer selama bertahun-tahun, dengan Siri, Alexa, dan Cortana menjadi asisten virtual yang terkenal dan dapat membantu dengan informasi dasar dan tugas sehari-hari.

Mungkin salah satu alternatif yang paling menjanjikan dan realistis terhadap layar sentuh adalah kombinasi dari ketiga teknologi ini untuk menciptakan lingkungan tanpa sentuhan yang benar-benar, tanpa memerlukan layar sama sekali. Pada akhirnya, keputusan tergantung pada konsumen, karena orang akan beralih ke teknologi yang paling mudah dan praktis digunakan.
(msf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2052 seconds (0.1#10.140)