Produsen Alat Masak Digugat karena Klaim Wajan Anti Lengket Ditempa dengan Suhu Matahari

Senin, 23 Oktober 2023 - 09:19 WIB
loading...
Produsen Alat Masak Digugat karena Klaim Wajan Anti Lengket Ditempa dengan Suhu Matahari
SharkNinja digugat ke pengadilan lantaran dianggap menyesatkan pelanggan. (Foto: The Verge)
A A A
JAKARTA - Perusahaan penghasil alat masak SharkNinja digugat ke pengadilan lantaran dianggap menyesatkan pelanggan dengan klaim peralatan masak anti lengketnya dibuat pada suhu 30.000 derajat Fahrenheit, sehingga tidak mudah terkelupas.

Gugatan ini diajukan Patricia Brown, yang tidak percaya klaim tersebut, mengingat NASA yang menyebut suhu permukaan Matahari memiliki hanya 10.340 derajat Fahrenheit.

Dilansir The Verge, Senin (23/10/2023), Brown menganggap iklan peralatan masak anti lengket Ninja NeverStick melanggar hukum fisika dan termodinamika.

SharkNinja mengklaim memanaskan peralatannya hingga maksimum 30.000 derajat Fahrenheit. Proses ini menyatukan partikel keramik plasma ke permukaan wajan, hingga menciptakan permukaan super keras dan bertekstur yang terkunci dengan lapisan eksklusif untuk ikatan yang lebih unggul.



Brown berpendapat memanaskan peralatan masak SharkNinja pada suhu ini adalah mustahil mengingat aluminium menguap menjadi gas pada suhu 4.478 derajat Fahrenheit.

Meskipun klaim SharkNinja mungkin terdengar tidak masuk akal, namun bisa jadi hal ini benar. Pasalnya dalam salah satu artikel di The Washington Post digambarkan proses serupa pelapisan keramik yang mirip dengan iklan tersebut.

"Inovasi terbaru dalam ketahanan lengket adalah lapisan bernama keramik-titanium, dikembangkan di Denmark dan digunakan pada peralatan masak Scanpan. Campuran titanium dan keramik, sangat panas (30.000 derajat) sehingga atom-atomnya hancur menjadi awan partikel bermuatan, ditembakkan dengan kecepatan supersonik ke permukaan panci aluminium, di mana ia melekat langsung ke logam, membentuk permukaan yang sangat keras dan tidak mudah tergores."



Meski belum terkonfirmasi bahwa ini adalah teknik serupa yang digunakan SharkNinja, namun suhu dapat mencapai 30.000 derajat selama proses pelapisan, memungkinkan. Hingga kini belum ada pernyataan resmi dari SharkNinja tentang gugatan ini.

Brown sendiri masih tetap keukeuh dengan gugatannya bahwa klaim SharkNinja tidak lebih dari teknik pemasaran yang menyesatkan. “Yang meyakinkan pelanggan untuk membeli produk NeverStick, yang lebih mahal daripada panci anti lengket lain,” ujarnya.
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2400 seconds (0.1#10.140)