Ilmuwan Uji Coba Teknologi AI ke Robot, Hasilnya Mencengangkan

Senin, 23 Oktober 2023 - 08:32 WIB
loading...
Ilmuwan Uji Coba Teknologi AI ke Robot, Hasilnya Mencengangkan
Tangan robot yang terlatih oleh Eureka dapat melakukan trik memegang pena untuk menyaingi, bahkan mengalahkan manusia. (Foto: Popsci)
A A A
JAKARTA - Para ilmuwan NVIDIA Research tengah menguji coba teknologi AI untuk melatih robot melakukan tugas-tugas keseharian manusa. Hasilnya, sungguh di luar dugaan.

Melansir dari Popsci, Senin (23/10/2023), para ilmuwan mengarahkan protokol AI yang didukung oleh GPT-4 OpenAI untuk mengajarkan simulasi tangan robotik pada hampir 30 tugas kompleks.

Hasilnya, AI mampu menyulap robot menjadi sangat cekatan dalam hal melempar bola, mendorong balok, menekan tombol, hingga mengoperasionalkan pena dan gunting.

Ilmuwan senior di NVIDIA Linxi Fan mengatakan semua ini berkat AI Eureka. Alhasil, robot-robot tersebut dapat melaksanakan perintah sederhana dengan cekatan. Jim menggambarkan Eureka sebagai kombinasi unik dan pemrograman simulasi yang dipercepat GPU.



“Kami percaya Eureka akan memungkinkan kontrol robot yang tangkas dan memberikan cara baru untuk menghasilkan animasi yang realistis secara fisik bagi para seniman,” kata Jim.

Dilihat dari video demonstrasi NVIDIA, tangan robot yang terlatih oleh Eureka dapat melakukan trik memegang pena untuk menyaingi, bahkan mengalahkan manusia.



Alternatif Eureka terhadap program pembelajaran robot terbukti efektif dalam banyak tugas. “Eureka adalah langkah pertama menuju pengembangan algoritma baru yang mengintegrasikan metode pembelajaran generatif dan penguatan untuk menyelesaikan tugas-tugas sulit ," kata Anima Anandkumar, direktur senior penelitian AI di NVIDIA.
(msf)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1487 seconds (0.1#10.140)