7 Cara Mengatasi Ghost Touch pada HP Beserta Penyebabnya

Selasa, 17 Oktober 2023 - 16:36 WIB
loading...
7 Cara Mengatasi Ghost Touch pada HP Beserta Penyebabnya
Cara mengatasi ghost touch pada HP bukan perkara sulit. Foto/New Scientist
A A A
JAKARTA - Cara mengatasi ghost touch pada HP bukan perkara sulit. Ghost touch adalah istilah yang digunakan ketika layar smartphone secara otomatis mengetuk atau menggeser tanpa interaksi langsung dari pengguna.

Masalah ini memang kerap dihadapi sebagian pengguna smartphone. Gangguan pada layar HP ini tentu sangat mengganggu pengguna.

Berikut cara mengatasi ghost touch pada HP beserta penyebabnya secara umum.

Penyebab Ghost Touch pada HP


1. Sentuhan pada Layar yang Terlalu Sensitif


Beberapa ponsel memiliki sensitivitas layar yang tinggi. Ini dapat menyebabkan ghost touch. Sensitivitas yang berlebihan dapat membuat layar merespons bahkan tanpa sentuhan langsung.


2. Kerusakan Layar


Kerusakan fisik pada layar, seperti pecah atau tergores, dapat mengganggu kinerja layar dan menyebabkan ghost touch.

3. Kesalahan Perangkat Lunak


Perangkat lunak yang tidak stabil atau bug pada sistem operasi ponsel dapat menyebabkan masalah ghost touch. Perbarui sistem operasi atau perangkat lunak untuk memperbaiki bug yang mungkin menjadi penyebabnya.

4. Gangguan Listrik atau Elektromagnetik


Sinyal listrik yang tidak stabil atau gangguan elektromagnetik di sekitar ponsel dapat memengaruhi kinerja layar dan menyebabkan ghost touch.

5. Kontak dengan Air atau Cairan


Paparan ponsel ke air atau cairan dapat merusak komponen layar dan menghasilkan ghost touch.

6. Interferensi dari Aksesori atau Penyimpanan yang Penuh


Beberapa aksesori ponsel atau penyimpanan yang penuh dapat memengaruhi kinerja layar dan menyebabkan ghost touch.

Cara Mengatasi Ghost Touch pada HP

1. Restart Ponsel


Melakukan restart pada ponsel bisa menjadi langkah paling mudah mengatasi ghost touch. Hal ini dapat membantu memperbaiki bug sementara atau gangguan perangkat lunak yang menyebabkan ghost touch.


2. Bersihkan Aplikasi


Saat sedang menggunakan ponsel, tak jarang pengguna membuka banyak aplikasi dalam sekali jalan. Terlalu banyak aplikasi yang dijalankan memungkinkan ponsel akan neg-lag, dan hal ini akan menjadi penyebab ghost touch yang akan mengganggu.

3. Hapus Aplikasi yang Bermasalah


Identifikasi apakah ghost touch muncul setelah menginstal aplikasi tertentu. Hapus atau nonaktifkan aplikasi tersebut dan lihat apakah masalahnya teratasi.

4. Pastikan Layar Ponsel Bersih


Adanya paparan air atau cairan tertentu di bagian layar bisa jadi penyebab ghost touch. Maka, untuk menghindari hal ini terjadi pastikan untuk kondisi layar selalu dalam keadaan bersih dan hindarkan dari jenis cairan apapun.

5. Periksa Pelindung Layar


Pastikan aksesori tambahan seperti pelindung layar atau casing tidak menyebabkan gangguan pada layar. Beberapa aksesori mungkin tidak kompatibel atau rusak, yang dapat menyebabkan ghost touch.

6. Mengganti Charger


Gangguan elektromagnetik di sekitar ponsel dapat mempengaruhi kinerja layar dan menyebabkan ghost touch. Jika hal ini terjadi segera ganti charger dengan yang baru supaya masalah ghost touch tidak semakin parah dan merambah ke bagian lain.

7. Reset Pabrik


Jika masalah ghost touch tetap persisten, pertimbangkan untuk melakukan reset pabrik pada ponsel. Namun, pastikan Anda mencadangkan data penting sebelum melakukannya.

Demikian 7 cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ghost touch pada hp, semoga informasi ini dapat bermanfaat.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1433 seconds (0.1#10.140)