Diam-diam Snapchat Punya Fitur Baru Penantang Dominasi TikTok

Selasa, 04 Agustus 2020 - 19:30 WIB
loading...
Diam-diam Snapchat Punya Fitur Baru Penantang Dominasi TikTok
Snapchat berencana meluncurkan fitur terbaru untuk menantang dominasi TikTok mulai musim gugur ini, meskipun sedang diuji mulai hari ini di Selandia Baru dan Australia. Foto/Ist
A A A
WASHINGTON - Sejumlah fitur Snapchat sanggup memberikan daya tarik bagi para netizen . Antara lain menghapus otomatis pesan foto yang diunggah dan fitur "Cerita" yang akhir dicaplok oleh Instagram dan aplikasi media sosial lainnya.

Saat ini, Snapchat dikenal karena Lensa AR-nya yang dapat mengubah Anda menjadi gambar-gambar lucu. Misalnya, polisi bermotor yang mengenakan kacamata hitam, seekor anjing menjulurkan lidahnya yang panjang, dan masih banyak lagi.

Dan sekarang Snapchat berencana untuk berhadapan langsung dengan aplikasi berbagi video yang tengah populer, TikTok. Aplikasi ini telah diunduh lebih dari dua miliar pengguna di App Store dan Google Play Store.

Ini adalah salah satu aplikasi paling populer di AS karena memungkinkan pengguna -kebanyakan remaja- membentuk video berdurasi 15 dan 60 detik. Konten termasuk sinkronisasi bibir, menari, lucu-lucuan, dan masih banyak lagi.

Menurut TechCrunch, Snapchat mengumumkan hari ini bahwa mereka akan menguji fitur baru. Fitur tersebut akan memungkinkan pengguna untuk memainkan musiknya dengan Snaps di latar belakang. Terdengar familiar? (Baca juga: Snapchat Luncurkan Banyak Pembaruan Demi Perbanyak Pengguna )

Ini adalah waktu yang tepat bagi Snapchat untuk menambahkan fitur TikTok-esque ke aplikasi. Presiden Donald Trump telah memperjelas bahwa AS tidak akan mengizinkan perusahaan dengan ikatan yang mungkin dengan Pemerintah China untuk beroperasi di Amerika. Dia mengizinkan Microsoft untuk bernegosiasi dengan induk TikTok, ByteDance (perusahaan yang berbasis di China) untuk memperoleh aplikasi di AS dan beberapa negara lain, transaksi semacam itu dilengkapi dengan label harga yang cukup tinggi.

Ini berarti tidak ada jaminan transaksi itu akan dilakukan. Jika kesepakatan tidak disetujui, maka TikTok dapat dicekal di AS dan 800 juta pengguna aktif globalnya (100 juta di AS) akan mencari alternatif untuk aplikasi. Inilah yang dibaca Snapchat sebagai peluang.

Induk Snapchat SNAP memiliki perjanjian lisensi dengan sejumlah penerbit musik, termasuk Warner Music. Musik akan tersedia untuk ditambahkan oleh pengguna Snapchat sebelum merekam video, atau sesudahnya. Ketika salah satu Snaps dengan musik baru dibagikan, orang di sisi penerima akan menggesek ke atas untuk melihat seni album, judul lagu yang sedang diputar, dan nama artis.

"Putar tautan lagu ini" akan mengirim pengguna ke situs web Linkfire atau ke platform musik streaming pilihan pengguna tempat seluruh lagu dapat diputar. Itu bisa dianggap perbaikan atas apa yang ditawarkan TikTok. Ketuk tautan "suara" pada aplikasi terakhir dan Anda akan melihat klip lain yang menggunakan lagu yang sama. Snapchat mengatakan bahwa fitur baru ini dirancang untuk berbagi musik dengan "teman sejati" Anda.

"Kami selalu mencari cara baru untuk memberikan alat kreatif Snapchatters untuk mengekspresikan diri," kata juru bicara SNAP. "Musik adalah dimensi baru yang dapat mereka tambahkan ke Snaps mereka yang membantu menangkap perasaan dan momen yang ingin mereka bagi dengan teman-teman mereka yang sebenarnya."
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6214 seconds (0.1#10.140)