Elon Musk Dikritik Kreator karena Pembagian Cuan di Platform X Dianggap Kecil

Sabtu, 14 Oktober 2023 - 08:15 WIB
loading...
Elon Musk Dikritik Kreator karena Pembagian Cuan di Platform X Dianggap Kecil
Pembagian keuntungan di platform X ternyata tidak sebesar yang dibayangkan, sehingga jadi kritikan bagi Elon Musk. Foto: Business Today
A A A
JAKARTA - Elon Musk menjanjikan cuan atau keuntungan yang besar buat para kreator di platform X miliknya. Ternyata banyak yang merasa nilainya tak sesuai janji. Kok bisa?

Elon Musk menjanjikan cuan atau keuntungan yang besar buat para kreator di platform X, yang dulunya Twitter , miliknya. Tapi nyatanya banyak pengguna dan kreator justru merasakan nilai yang tak sesuai alias lebih rendah dibanding yang dijanjikan.

Tidak hanya itu banyak dari mereka malah tidak kebagian cuan. Dilaporkan The Verge, Sabtu (14/10) ini, pembagian cuan memang sudah sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

Jadi X tidak mengulur-ulur waktu pembagian keuntungan yang telah mereka dapatkan selama Elon Musk resmi berkuasa di X. “Hanya saja memang ada beberapa persyaratan agar pembagian keuntungan itu dilakukan,” terang The Verge.

Eric Farraro, teknisi dari Twitter mengaku sudah menerima banyak keluhan dari pengguna X yang mengaku tidak menerima keuntungan dan yang cuannya tidak sebesar diharapkan.

Lewat akun X miliknya, Eric Farraro menjelaskan beberapa peraturan yang memang membuat situasi itu terjadi. Dia mengatakan ada ambang pembayaran minimum USD10 untuk setiap pengguna X agar bisa menerima keuntungan.

"Jika Anda tidak memenuhi ambang batas, Anda tidak dibayar selama pembayaran tersebut. Anda tentu saja terus mengumpulkan penghasilan hingga Anda mencapai ambang batas," ujarnya.

Dia mengatakan ada banyak alasan praktis untuk hal ini. X menurutnya tidak akan membagi keuntungan di bawah USD50 karena akan berpotensi menggerogoti pendapatan pembuat konten lainnya.

Lalu terkait dengan pendapatannya yang kurang sesuai, Eric Farraro mengatakan memang ada beberapa hal yang perlu diperhatian. Dia memahami ada beberapa kekecewaan yang terasa oleh pengguna X dengan jumlah pengikut yang sangat besar.

Mereka ternyata kecewa karena dinamika yang terjadi di akun X mereka malah tidak memberikan keuntungan besar. Apalagi X juga memasang iklan karena kondisi di akun mereka.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2137 seconds (0.1#10.140)